AS Marah PBB Sebut Israel Negara Rasis dan Lakukan Politik Apartheid

17 Maret 01:34 | Dilihat : 529
AS Marah PBB Sebut Israel Negara Rasis dan Lakukan Politik Apartheid Kantor ESCWA

New York (SI Online) - Komisi PBB untuk Ekonomi dan Sosial Asia Barat (ESCWA) menerbitkan sebuah laporan yang menyebut Israel telah memberlakukan rezim apartheid di Palestina. Atas hal ini Amerika Serikat menunjukkan kekesalan dan marahnya. 

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley menyatakan, pihaknya berharap laporan ini segera ditarik, karena mereka benar-benar menolak semua hal yang tercantum dalam laporan tersebut.

"AS marah atas laporan tersebut. Sekretariat PBB mengambil langkah yang untuk menjauhkan diri dari laporan ini, tetapi mereka seharusnya pergi lebih jauh dengan menarik laporan tersebut," kata Haley, seperti dilansir albawaba, Kamis (16/3).

Sebelumnya diwartakan, Sekretaris Eksekutif ESCWA Rima Khalaf mengatakan, laporan itu pertama dari jenisnya yang diterbitkan komisi PBB. 

"Jelas dan terus terang menyimpulkan bahwa Israel adalah negara rasis yang telah mendirikan sebuah sistem apartheid dan menganiaya rakyat Palestina,” katanya.

Dalam situsnya, ESCWA yang terdiri dari 18 negara-negara Arab di Asia Barat dibentuk dengan tujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara anggotanya. 

Menurut Khalaf, laporan ESCWA ini disusun atas permintaan negara-negara anggota. Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan kepada wartawan di New York bahwa laporan itu dipublikasikan tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan Sekretariat PBB. 

red: farah abdillah

0 Komentar