#Pilkada Serentak 2018

JR Saragih-Ance Gugur, Pilgub Sumut Head to Head Edy Vs Djarot

13 Februari 17:03 | Dilihat : 1607
JR Saragih-Ance Gugur, Pilgub Sumut <i>Head to Head</i> Edy Vs Djarot Dua pasangan Cagub-Cawagub Sumut untuk Pilkada 2018.[foto: kumpran.com]

Medan (SI Online)-Dua pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara yang dinyatakan lolos mendapatkan nomor urut untuk mengikuti Pilkada serentak 2018. 

Dari hasil pengundian, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) memperoleh nomor urut 1, sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mendapatkan nomor urut 2.

Nomor urut itu merupakan hasil pengundian pada rapat pleno terbuka KPU Sumut di Hotel Grand Mercure Medan, Selasa (13/2/2018) sore. Pengundian dilakukan dengan cara dua kali pencabutan nomor.

Awalnya dua calon wakil gubernur bersamaan mencabut nomor untuk menentukan urutan pencabutan nomor. Musa Rajekshah mendapatkan nomor 1, sedangkan Sihar Sitorus mendapatkan nomor 2.

Berdasarkan urutan itu, Edy Rahmayadi pun mendapat giliran pertama mengambil satu dari dua gulungan yang disediakan dalam kotak kaca. Djarot mengambil satu gulungan yang tersisa.

Hasil dari pencabutan nomor itu, Edy-Ijeck mendapat nomor 1. Sementara Djarot-Sihar mendapat nomor 2.

Pasangan nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) didukung koalisi enam partai politik (parpol), yaitu Gerindra, PKS, PAN, Golkar, NasDem, dan Hanura, yang menguasai 60 kursi di DPRD Sumut.

Pasangan nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) diusung PDIP dan PPP yang menguasai 20 kursi di DPRD Sumut.

Pertarungan antara kedua pasangan calon ini diprediksi bakal menarik. Selain dua poros berlawanan yang mengusung, sosok kedua cagub juga cukup ternama.

Edy Rahmayadi merupakan mantan Pangkostrad. Musa Rajekshah dikenal sebagai pengusaha muda di Kota Medan. Djarot merupakan bekas Gubernur DKI Jakarta yang gagal untuk maju kembali bersama Ahok. 

JR Saragih-Ance tak Lolos

Sebelumnya, KPU Sumatera Utara menetapkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Rapat Pleno Terbuka Pengumuman dan Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023 di Ballroom Hotel Grand Mercure Maha Cipta Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (12/2/2018).

Kedua pasangan yang lolos adalah Edy Rahmayadi dan pasangannya, Musa Rajekshah, serta pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus.

Sementara pasangan JR Saragih dan Ance Selian yang diusung Partai Demokrat dan PKB dinyatakan tidak lolos karena berkas persyaratan JR Saragih sebagai bakal calon gubernur Sumut tidak memenuhi syarat.

"Sesuai dengan surat Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 Tanggal 22 Januari 2018 pada poin empat menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB SMA Nomor 1 OC Oh 0373795 Tahun 1990 atas nama Jopinus Saragih," ujar Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga.

red: abu faza/dbs

0 Komentar