#Pilkada Serentak 2018

Sudirman Said: Dorong EBT Kurangi Ketergantungan Energi Fosil

25 Januari 11:05 | Dilihat : 305
Sudirman Said:  Dorong EBT Kurangi Ketergantungan Energi Fosil Sudirman Said

Semarang (SI Online)- Sudirman Said, Calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung  Koalisi Partai Gerindra, PAN dan PKS yang  juga mantan Menteri Energi  Sumber Daya Mineral / ESDM (2014-2016) ini menegaskan;  pentingnya Privinsi Jawa Tengah  mendorong,  agar ke depan  dapat terjadi peningkatan prosentase pembauran dalam  penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) agar mampu mengurangi ketergantungan pada Energi Fosil.

Hal itu ditegaskan Sudirman Said saat berbicara dalam seminar bertajuk "Masa Depan Energi dan Sumber Daya Alam / Mineral" di Jawa Tengah  diselenggarakan Dewan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, yang secara khusus mengupas masa depan pembangunan energy, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Sudirman Said, yang asli Jawa Tengah, masih relative muda---kelahiran Brebes 06 April 1963 ini, lebih lanjut menyampaikan sebagian rancangannya untuk membangun Jawa Tengah;  jika kelak warga Jawa Tengah memang memberikan mandat  kepercayaan padanya untuk menjabat Gubernur, akan melakukan langkah strategis untuk upaya meningkatkan pembauran EBT dalam pemanfaatan energi.

“Karena, saat ini tingkat pembauran EBT yang sudah terjadi di Jawa Tengah baru sekitar empat persen saja  dari 7.299 Mega-Watt, atau baru sekitar 337 Mega-Watt saja. Kondisi demikian masih jauh di bawah prosentase rata-rata Nasional yang sudah mencapai kisaran Sembilan persen,” ungkapnya.

Alumnus Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) thun 1990, yang kemudian tahun 1994 melanjutkan pendidikan Program Master of Business Admninistration Majoring in Human Resources Management and Organizatiponal  Behavioral and Development, pada George Washington University, Washington DC  Amerika Serikat ini, kemudian memastikan ; “Jika saya dipilih oleh rakyat Jawa Tengah menjadi Gubernur, yang segera saya lakukan adalah memanggil para pengusaha pembangkit listrik di wilayah ini untuk meningkatkan bauran EBT pada pembangkitnya. Saya kira,  jika Pemimpinnya jujur, tidak memiliki kepentingan pribadi dan kelompok, pengusaha akan nuruti  (memenuhi, red) permintaan demikian.”

Menjadi pembicara utama pada seminar, Rabu (24 Januari 2018) tersebut, menjadi salah satu bagian dari aktivitas Sudirman Said sebagai calon Gubernur Jawa Tengah untuk mulai terus sering tampil di muka publik  Jawa Tengah, dan  mendapat  perhatian berbagai media cetak, elektronik dan Online.  Kendati  telah menyiapkan makalah (yang dibagikan kepada peserta seminar,red), namun ketika berbicara pada gelaran seminar tersebut, tidak menggunakan teks, menandakan sangat menguasai permasalahan yang tengah dibahas.

Rep: Muhammad Halwan/dbs

0 Komentar