Sudirman Said Minta Negara Berpihak pada Petani

20 Oktober 15:20 | Dilihat : 438
 Sudirman Said Minta Negara Berpihak pada Petani Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) Sudirman Said di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (20/10). 

Purwokerto (SI Online) - Pemerintah, baik pusat maupun daerah harus menunjukkan keberpihakan yang jelas pada nasib petani kecil. Di antaranya dengan turun tangan membantu para petani agar saat musim panen tiba mereka bisa menikmati jerih payahnya mengolah lahan. 

"Negara harus menunjukkan keberpihakannya pada petani," kata Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) Sudirman Said saat menjadi pembicara dalam seminar nasional yang diselenggarakan Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (20/10). 

Menurut Sudirman, situasi yang selalu berulang, di mana setiap musim panen harga hasil panen anjlok harus diakhiri. Pemerintah, baik pusat maupun daerah harus hadir menolong petani. Di antaranya berperan sebagai penyangga harga, jika harga anjlok. Serta membantu manajemen pascapanen.

Sudirman mengamati, setiap musim panen tiba petani selalu menghadapi situasi yang sulit. Petani inginnya  menahan hasil panen sampai memperoleh harga yang menguntungkan. Namun di sisi lain, tagihan pupuk, pestisida, dan utang untuk biaya hidup selama menunggu panen sudah harus dibayar.

"Akhirnya terpaksa mereka menjual hasil panennya  dengan harga murah. Nanti kalau mau tanam, mereka cari pinjaman lagi untuk membeli bibit, pupuk, dan pestisida. Begitu terus siklusnya," terang dia.

Jadi, lanjut Sudirman, dengan kondisi sepeti itu kesejahteraan petani sulit meningkat. 

Karenanya kepada mahasiswa pertanian yang datang dari seluruh Indonesia, Sudirman mengingatkan untuk ikut memikirkan nasib petani sekaligus mencari solusi terbaik memutus siklus yang terus merugikan petani. 

"Mahasiswa pertanian kalau sudah lulus hendaknya fokus mengembangkan bidang pertanian agar muncul terobosan-terobosan baru untuk memajukan pertanian dan mensejahterakan petani. Kalau lulusan pertanian merambah bidang lain, bagaimana nasib petani dan pertanian ke depan," imbuh Sudirman, yang juga bakal calon gubernur Jateng ini. 

Sudirman mengemukakan, jika pertanian maju dan menjanjikan kesejahteraan akan banyak orang yang tertarik terjun lagi ke bidang pertanian. Dampaknya, desa-desa menjadi maju dan mencegah urbanisasi generasi muda ke kota-kota besar untuk mencari pekerjaan.

red: shodiq ramadhan

0 Komentar