Buka Muktamar PULDAPII, Menag Ajak Wujudkan Hikmah Keragaman

08 Juli 15:13 | Dilihat : 280
Buka Muktamar PULDAPII, Menag Ajak Wujudkan Hikmah Keragaman Menag Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan sambutan pada Muktamar Perkumpulan Lembaga Dakwah Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII), Sabtu (08/7/2017)

Surabaya (SI Online)-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Muktamar Perkumpulan Lembaga Dakwah Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII). Muktamar perdana ini digelar di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Di hadapan para kyai dan ustadz, Menag mengajak PULDAPII mewujudkan hikmah dari keragaman untuk Indonesia yang aman dan damai. 

"Kondisi aman, kehidupan aman, menjadi kemutlakan yang harus dijaga. Nilai ajaran agama bisa dilakukan dengan baik ketika sebuah wilayah berada dalam kondisi aman, dan masyarakatnya hidup dalam suasana rukun, dan kedamaian," papar Menag di Surabaya, Sabtu (08/07/2017). 

Menag mengaku masih menjumpai sebagian masyarakat yang belum dapat mengambil hikmah keragaman sehingga perbedaan saling  diperhadapkan dan berpotensi membawa implikasi terganggunya keutuhan sebagai bangsa. Padahal, keragaman adalah sunnatullah. Dengan keragaman, manusia bisa mendapatkan berbagai varian, opsi, pilihan, dan hikmah dibalik keragaman adalah rahmat. 

Menag juga mengingatkan bahwa setiap potensi konflik tidak boleh dibiarkan. Sebab, akibat dari konflik sangat menyedihkan, seperti yang terjadi di beberapa negara Timur Tengah. 

Itu semua terjadi, kata Menag, karena nilai kemanusiaan berada pada titik paling rendah. Dalam kondisi konflik, jangankan menerapkan syariat, seseorang bahkan kadang dipaksa melakukan hal yang bertentangan dengan agama. 

“Itulah dampak dari konflik, tidak ada pilihan, membunuh atau dibunuh, yang menjadikan harkat, martabat kemanusiaan saling ditiadakan,” ujarnya. 

Menag mengapresiasi tema muktamar, yaitu: "Merangkai Potensi Menggapai Obsesi untuk Optomalisasi bagi NKRI". Menurutnya,  tema yang diangkat sangat strategis dalam menghimpun potensi umat  untuk memberikan kontribusi bagi NKRI. 

Menag mengajak PULDAPII lebih aktif dalam menjaga suasana yang damai, dan rukun. Mewakili pemerintah, Menag berharap PULDAPII terus mampu memelihara hal baik  sekaligus merespon tantangan ke depan yang semakin kompleks. 

"Muktamar 1 PALDUPII ini kiranya mampu menggalang dalam mengoptimalkan, menjaga, memelihara kesatuan NKRI," tutur Menag.

"Harapnnya, 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun sampai 100 tahun ke depan, dapat kita jaga nilai-nilai baik kehidupan keagamaan, dan dikembangkan demi terciptanya ketenangan dan kedamaian," tambahnya.

sumber: kemenag.go.id

0 Komentar