#Indahnya Ramadhan 1438H

MUI Madiun Tetapkan Tarif Tertinggi Zakat Fitrah Rp34.500 Jika Dibayar Uang

28 Mei 15:49 | Dilihat : 1350
MUI Madiun Tetapkan Tarif Tertinggi Zakat Fitrah Rp34.500 Jika Dibayar Uang Ilustrasi: Beras

Madiun (SI Online)-Jika Zakat Fitrah tidak dibayar dengan beras, melainkan dengan uang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun, Jawa Timur  menetapkan tiga tarif;  setara beras mutu biasa, sedang dan super. Tarif ditetapkan ditambah perkiraan (antisipasi) kenaikkan harga beras menjelang Lebaran Rp1.500 per  kilogram. Tarif zakat fitrah tidak dikalikan 2,5 Kg, melainkan dibulatkan menjadi harga tiga kilogram.

Dari koordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Madiun – Jawa Timur serta unsur perwakilan dari Pemerintah serta sejumlah Organisasi Keagamaan tarif zakat fitrah jika dibayar dengan uang ditetapkan tertinggi (ukuran beras mutu super) Rp34.500 per jiwa. Kemudian untuk ukuran beras mutu sedang sebesar Rp30.000 per jiwa dan untuk ukuran beras mutu biasa Rp29.000 per jiwa.

Dimaksudkan dengan beras murtu super yaitu sejenis dengan Beras Rojolele, Beras Bengawan Super. Beras mutu sedang meliputi jenis beras Menthik dan Pandan Wangi. Kemudian untuk ukuran beras biasa meliputi jenis beras Ciherang, IR 64, Fembramo serta Bagendit.

Menurut Ketua MUI Kota Madiun, KH. Dr.  Sutoyo M.Ag., harga beras yang digunakan dalam perhitungan zakat fitrah ini diambil dari hasil survey Dinas Perdagangan Kota Madiun paling mutahir  dalam bulan Mei. Untuk beras jenis super dengan harga Rp11.000 per Kilogram, beras mutu sedang Rp9.500 per Kilogram  dan beras mutu biasa Rp8.500 per Kilogram.

“Jika membayar zakat fitrah dengan beras, cukup dengan 2,5 Kilogram beras. Namun jika membayar dengan uang, dibulatkan menjadi seharga  tiga kilogram ditambah Rp1.500 sebagai antisipasi jika terjadi  kenaikan harga beras,” ungkap KH. Sutoyo.

Disamping menetapkan besaran tarif zakat fitrah jika dibayar dengan uang, juga ditetapkan besaran tarif fidiyah jika tidak dibayar dengan beras, melainkan dengan uang. Yaitu sebesar Rp15.000 untuk dua kali makan. Tarif Fidyah ini, tidak mengalami kenaikan berbanding dengan tahun lalu (2016) bahkan dengan tahun sebelumnya (2015).  Berbeda dengan zakat fitrah, dari ketiga kategori rata-rata mengalami kenaikan Rp1.000. Demikian pula dengan zakat fitrah tahun 2016, juga mengalami kenaikan rata-rata Rp1.000 berbanding dengan tarif tahun sebelumnya (2015).

Ditetapkan pula  tiga golongan yang diperkenankan meninggalkan puasa wajib dan dapat mengganti dengan membayar fidyah; yaitu orang yang menderita sakit menahun telah dinyatakan (oleh dokter)  sulit untuk dapat disembuhkan; kemudian orang-orang usia lanjut yang sudah tidak kuat lagi menjalankan  puasa; serta wanita tengah hamil dan wanita yang tengah menyusui, jika berpuasa yang dikhawatirkan justru berakibat buruk terhadap janin yang dikandung maupun bayi yang sedang disusui. 

Kota Bontang   

Sebagai perbandingan, berikut tarif zakat fitrah jika dibayar dengan uang, yang ditetapkan  dari sebuah Rapat Koordinasi di Kementerian Agama Kota Bontang, Kalimantan Timur. Zakat fitrah yang dibayarkan dengan uang, tetap dengan ukuran setara harga 2,5 Kilogram beras untuk setiap jiwa.

Tarif Zakat Fitrah tertinggi (untuk mutu beras super) adalah Rp14.000 per Kilogram atau sebesar  Rp 35.000 untuk 2,5 Kilogram beras per jiwa. Untuk beras mutu sedang adalah Rp12.000 atau sebesar Rp30.000 untuk 2,5 kilogram beras per jiwa. Dan untuk mutu beras biasa adalah Rp10.000 per kilogram atau sebesar Rp25.000 untuk 2,5 kilogram beras per jiwa. 

Berbanding dengan penetapan  tahun sebelumnya, tarif zakat fitrah tahun ini (2017) untuk beras mutu biasa justru terjadi penurunan sebesar Rp1.000 per kilogram. Tahun lalu, harga beras mutu biasa sebesar Rp11.000 per Kilogram. Sedang untuk  beras mutu super dan mutu sedang pada penetapan tarif zakat fitrah tahun ini berbanding tahun lalu tidak mengalami kenaikan.

Dikutip dari KlikBontang.com, rapat koordinasi di Kementerian Agama Kota Bontang Kalimantan Timur tersebut, juga menetapkan besarnya nisab untuk zakat maal, adalah sebesar Rp 2 juta setara dengan nisab emas yang ditetapkan sebesar 85 gram. Sedang untuk tarif fidyah hanya disebutkan disesuaikan dengan dua kali biaya makan yang sudah dilengkapi dengan sayur dan lauk – pauknya. 

Rep: Muhammad Halwan/dbs. 

1 Komentar