Fos Armi ajak Pemuda Ambil Hikmah dari Strategi Perang Nabi

07 Mei 17:39 | Dilihat : 285
Fos Armi ajak Pemuda Ambil Hikmah dari Strategi Perang Nabi Talkshow bersama Fos Armi di Islamic Book Fair Bogor

Bogor (SI Online) - Forum Sillah Ukhuwah Antar Pemuda Muslim (FOS ARMI) mengadakan acara talkshow dalam rangkaian agenda Bogor Islamic Book Fair tahun ini. Talkshow yang bertema "Strategi Perang Rasulullah" tersebut diikuti puluhan peserta dan berlangsung di selasar Mesjid Raya Bogor Ahad (7/5/2017). 

M. Rivqi Zaelani, Ketua Fos Armi Bogor menjelaskan kegiatan ini diadakan guna menambah wawasan umat Islam tentang peran pemuda dalam perang yang dipimpin Rasulullah SAW. 

“Saat ini arus informasi begitu cepat. Jangan sampai pemuda Islam terjungkal jauh melupakan sejarah Rasullullah SAW. Terutama sejarah yang dimana para pemuda bisa mengambil hikmah didalamnya” kata Rivqi.

Pembicara talkshow yang merupakan seorang pegiat sejarah Islam, Ilham Martasyabana memaparkan sejarah perang yang dilalui kaum muslimin menghadapi kaum kafir Quraisy. Diantaranya perang Badar, perang sawiq, perang furu'. 

“Strategi perang Rasulullah ialah kepandaian beliau SAW dalam memenangkan perang opini. Bagaimana memenangkan citra atau elektabilitas. Hanya 2 tahun setelah kemenangan perang Badar pada 2 Hijriyah, Madinah timbul sebagai peradaban baru. Melambung citranya ke seantaro Arab sebagai kekuatan potensial” jelas Ilham.

Ia menambahkan, informasi tentang rencana penyerangan dari suku-suku ke Madinah selalu cepat didapat beliau SAW. Jadi sebelum mereka menyerang, pasukan di Madinah menyerang duluan. Banyak intelijen Rasulullah SAW yang tersebar, sebagian besar adalah pemuda.

“Dalam menghadapi perang opini, jangan pasif dan menunggu difitnah. Apabila ada serangan isu, buat balik wacana yang menguntungkan umat Islam. Jangan ikut membesarkan isu itu. Contoh saat ini tentang isu Islam radikal." papar Ilham saat menekankan pentingnya mengambil hikmah dari sirah nabawiyah, salah satunya pada perang Rasulullah. 

Ia berpesan, umat Islam terutama para pemuda untuk mengamalkan urgensi dari sirah nabawiyah sebagai aplikasi wahyu Alquran dan sunnah.

rep: ayu
red: adhila

0 Komentar