DDII Jabar Ajak Generasi Muda Waspadai Syiah

07 Maret 10:02 | Dilihat : 472
DDII Jabar Ajak Generasi Muda Waspadai Syiah

Bandung (SI Online) -  Dalam rangka menguatkan akidah umat Islam, pengurus Masjid Jami'ul Anam Jl. Sekeloa Kota Bandung mengadakan tabligh akbar sekaligus bedah buku yang mengambil tema ”Mewaspadai Bahaya Syiah di Indonesia”, Ahad (5/3/2017). Hadir sebagai narasumber Ustaz Muhammad Roinul Balad, S.Sos.I dari Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Barat.

Dalam tausiyahnya Ustadz Roin  menyampaikan bahwasanya umat Islam khususnya di Indonesia tidak pernah sepi dari upaya pendangkalan akidah yang dilakukan oleh orang kafir maupun kelompok yang mengaku Islam namun ajaran dan pahamnya jauh dari Islam itu sendiri, salah satunya Syiah.

Mengutip buku, “Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia” yang diterbitkan oleh MUI Pusat, Ustaz Roin kembali menjelaskan bahwa dalam tinjauan akidah maka Syiah keluar dari prinsip dasar Islam.

“Bagaimana tidak jika rukun iman dan Islam saja sudah berbeda, belum lagi dengan prinsip dasar yang lainnya seperti menganggap Mushaf Alquran tidak asli lagi dan beberapa paham sesat lainnya, maka kita harus tahu agar tidak tertipu,”paparnya.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan bersama-sama dalam menangkal pamahaman demikian khususnya bagi generasi muda. Sebab, sambungnya, salah satu sasaran dari pemahaman Syiah adalah kaum muda dengan berbagai kajian yang menarik yang dikemas dengan kajian seolah ilmiah dan islami. Padahal, imbuhnya, hanyalah logika yang dipaksakan.

“Misalnya soal nikah mut’ah, padahal oleh Rasulullah Saw sudah diharamkan hingga akhir zaman. Demikian juga adanya perayaan Asyuro yang dimaksudkan untuk mengenang dan meratapi meninggalnya cucu Rasul yakni Husain. Padahal tidak ada ajaran Islam yang memerintahkan demikian,” jelasnya.

Sebagian besar peserta kajian ini adalah kaum muda atau remaja masjid. Usai kajian dan tabligh akbar ini peserta mendapat buku dari MUI tentang penjelasan dan sikap MUI terhadap ajaran Syiah. Rencananya kajian tersebut akan berjalan rutin.

Rep: Suwandi
Red: Shodiq Ramadhan

0 Komentar