Tim Evakuasi Longsor Sumbar Temukan Empat Korban Jiwa

04 Maret 03:31 | Dilihat : 661
  Tim Evakuasi Longsor Sumbar Temukan Empat Korban Jiwa Konisi tanah longsor di Kabupaten 50 Kota, Sumbar yang menyebabkan empat orang tewas akibat tertimbun longsor. [foto: faktualnews]

Jakarta (SI Online) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan tim evakuasi telah menemukan empat korban meninggal dalam bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, hujan yang turun semenjak Kamis (02/3) hingga saat ini di Kabupaten 50 Kota telah membuat  sejumlah wilayah tergenang banjir. Saat ini terpantau setidaknya 12 titik banjir yang tersebar di tujuh kecamatan. 

“Titik [banjir]  tertinggi dan terparah sedalam 1,5 meter di Kec. Pangkalan akibat meluapnya sungai Maek,” kata Sutopo di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Dia mengatakan hujan juga menyebabkan jalan yang menghubungkan Provinsi Sumbar - Riau terputus akibat ada sembilan titik lokasi kongsor di wilayah Kec. Pangkalan. Sedangkan diseluruh wilayah Kabupaten 50 Kota terdapat 13 titik longsor.

“Sebanyak delapan mobil tertimpa longsor di Km 17 Koto Alam, Kec Pangkalan [Jalan lintas provisni yang menghubungkan Sumbar-Riau] yang mengakibatkan sampai saat ini diketahui menyebabkan empat orang meninggal dunia,” katanya.

Sutopo mengatakan saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI, Polri, Basarnas dan Pemda setempat terus berupaya membersihkan material longsor. Selain itu proses evakuasi korban dari delapan mobil yang tertimbun longsor terus diupayakan.

red: farah abdillah
sumber: bisnis.com

0 Komentar