Setelah Bongkar Masjid, Ahok : Sholat Bisa di Masjid yang Lain

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok

Jakarta (SI Online) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membenarkan jika Masjid Baitul Arif yang terletak di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, dibongkar untuk keperluan pembangunan rumah susun (Rusun). Namun ia menjamin akan memberikan ganti untuk tempat beribadah.

"Saya udah cek, jadi mereka bisa pakai shalat di tempat yang lain. Tadi saya juga minta ditahan supaya jangan dibongkar dulu, tapi kalau gak dibongkar gak bisa bangun Rusun. Nanti di bawah Rusun kan bisa buat orang sembahyang," katanya di Balaikota Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Pria yang akrab disapa Ahok itu menegaskan, meski masjid itu harus dibongkar tapi bukan berarti fungsinya dihilangkan. Ia pun meminta agar bisa membedakan antara pembongkaran rumah ibadah untuk dibangun yang lebih baik, dengan melarang orang beribadah.

"Beda loh, jangan dipelintir loh. Orang mau shalat masih bisa di masjid yang lain, jadi nanti bisa dibikin masjid lagi. Di Rusun juga bisa dibuat masjid, di Rusun Marunda dan Daan mogot seperti itu, ada bagian yang dibuat untuk masjid," jelasnya.

Jadi, kata Ahok, jangan dipelintir seolah-olah bongkar masjid. Masjid di daerah terlarang juga musti dibongkar tidak boleh ngotot. Sekarang juga banyak oknum-oknum kalau mau dudukin tanah negara suka bikin masjid, jadi kalau dibongkar isunya bongkar masjid.

"Bukan itu, orang beragama gak pernah langgar peraturan," tandasnya.

Sebelumnya, warga menyesalkan tindakan pembongkaran tersebut tanpa musyawarah. Salah seorang jamaah masjid tersebut, Taufan Maulamin, menyesalkan tindakan tersebut. Ia pun membuat surat terbuka atas keprihatinannya kepada Gubernur DKI.

“Walikota Jakarta Timur telah melakukan pembongkaran Masjid Baitul Arif tanpa musyawarah dengan tokoh, alim Ulama dan jamaah Masjid Baitul Arif, RW 1 Kelurahan Kampung Melayu. Sudah 15 hari shalat 5 Waktu dan 2 kali Jumat tidak dapat dilakukan,” tulis Taufan.

Meski lokasi dan tanah masjid adalah milik Pemda DKI, kata Taufan, namun seyogianya Pemda tidak melupakan masjid adalah baitullah yang sangat dimuliakan oleh semua Muslim. Karenanya, mestinya hal itu dilakukan dengan santun dan beradab.

Dia juga mengingatkan akan wilayah Jatinegara. “Jatinegara merupakan kawasan Muslim yang sangat taat dan sangat fanatik sejak zaman penjajahan, banyak tokoh, alim ulama dan masyarakat Muslim merasa tersinggung dan menyayangkan tindakan tersebut,” kata Taufan.


red: syaiful

 

Komentar

23.09.201313:27
ABU YUSUF
KAUM MUSLIMIN SEGALA MASALAH MARI KITA KEMBALI KE AL-QUR'AN. LIHAT QS. AT-TAUBAH:32, QS.AS-SHAF:8. intinya adalah orang-orang kufur selalu ingin memadamkan cahaya Allah SWT dengan CARA APAPUN. Al-Qur'an adalah mutlak kebenarannya, sebab dari Allah Yang Maha Kuasa.
20.09.201314:03
Warga Yasmin
Coba giliran gereja yg dibongkar paste rame kafir2 itu.. liat gki yasmin, udah nipu masyarakat, smua syarat IMB rumah ibadah ga ada, d sewain tmpat utk ibadah ga dipake, di kasih lokasi utk bangun gereja ga mau.. maunya jualan opini seolah2 dizalimi dilarang ibadah dan berkoar2 bhwa umat islam intoleran.. mereka tdk sadar upaya2 yg tdk jujur justru malah memalukan kaum mereka sendiri.. kasian
20.09.201308:41
tonton
Gmn negara Indonesia mo maju, gini doang diributin.... kl sm azab Allah, bukannya azab cm buat orang2 kafir, so kl ngerasa gak kafir jgn takut doong..... http://Fun4Days.Com/?share=131163
19.09.201315:15
udin
SUBHANALLAH... JANGAN TERLALU KEBABLASAN.... BERLEBIHAN ITU TDK BAIK... KITA LIHAT SAJA NANTINYA BARU BISA MENUNTUT
19.09.201308:17
Si Doel Anak Betawi
Bknnya mau pro dg Ahok tp inilah fenomena akhir zaman masjid cm digunakan sbg simbol ttp tidak berfungsi sbgmn masjid nabawi di era Rosul.Coba itung aja brp masjid di kawasan ini...Allahu 'alam bishowab
19.09.201307:44
ra duwe udel
inilah salah satu hasil demokrasi hrs di hormati ini adalah pilihan masy jkt
18.09.201321:46
burhanuddin
Mohon maaf sebelumnya.Warga juga salah kalau menurut saya. Kenapa mendirikan masjid diatas tanas orang lain ( PEMPROF DKI ). Kalau yang punya tanah mau mengambil haknya secara utuh, itukan hak dia. Saya kira semua juga sudah tahu, kalau mau mendirikan masjid, dirikanlah diatas tanah wakaf,agar jika terjadi sesuatu dikemudian hari, kita punya bukti kuat untuk membela kebenaran itu. Jaman sekarang kita harus cerdas dalam berbagai hal.
18.09.201311:49
Marbot masjid
Mereka (orang Kafir) sedikit aja berani kurang ajar sama Mayoritas Muslim di Indonesia, makanya jangan kasih kesempatan deh orang kafir memimpin NKRI yang mayoritas Islam lagi pula NKRI ini direbut dari para penjajah oleh para pejuang2 Muslim para Mujahid2, orang kafir bersekutu sm penjajah yg sama2 kafir.
18.09.201311:43
Marbot masjid
Orang kafir kalo berkuasa pasti bakal menyakiti orang muslim, baru baru aja baik, lama kelamaan semua orang muslim disikat habis dan semakin dipersulit, makanya kalo milih pemimpin yg se Aqidah se Agama, Paham semuanyaaaa..!!
18.09.201310:54
Ibnu Sirna
Maha Benar Allah dengan segala fimanNya...Pelajaran yang sangat mahal dalam memilih pemimpin...Semoga Engkau berikan hidayah kepada ko Ahok, amiin..
18.09.201309:36
joni juga
kalo sudah berurusan dengan mesjid harus hati-hati..ini sensitif...kalo tidak sensitif kawatir nggampangke...ini bahaya..kalo nggampangke ya wajar soale dia bukan muslim...saya setuju gereja2 yang berdiri tanpa ijin harus diusut juga...
18.09.201307:17
muhammad jauhadi
klo saya punya usul , bikin masjid yang gede di jakarta melebihi masjidil haram yang sah untuk jum'atan , jadi masjid2 yang lain cuma kayak musholla biasa , insya Allah umat islam kian menyatu, dengan manajemen yang baik dan benar .
18.09.201307:06
Isdiyanto
Yaaaa sebaiknya kita berfikir bijak deh,...... gimana kalo posisi kita seperti Ahok.....mungkin gak tau deh... yang jelas berfikir positif aja,..... kan dia yang tanggung jawab nantinya
17.09.201323:03
alfariz
INI AKIBATNYA KLO SALAH PILIH PEMIMPIN....
17.09.201321:20
Joni
Harusnya gereja2 liar yg tanpa ijin itu yg dibongkarin.. lama-lama makin kurang ajar si ahok kafir ini!!!
Nama

Email


security image
Kode
Komentar