Hari Raya Idul Fitri 1434 H Umat Islam Bersatu

Jakarta (SI Online) - Sudah dapat dipastikan umat Islam Indonesia akan bersatu pada 1 Syawal 1434 H atau Hari Raya Idul Fitri nanti. Kalau sebelumnya pada penetapan 1 Ramadhan lalu terjadi perbedaan antara Muhammadiyah dengan Pemerintah, namun untuk kali ini akan sama-sama mengakhiri Puasa pada Rabu (7/8) dan sama-sama merayakan Hari Kemenangan Idul Fitri pada Kamis (8/8).
 
Kepastian tersebut didapat setelah Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar memastikan tinggi Hilal (Bulan) pada 7 Agustus nanti sudah mencapai 2,3 derajat, yang berarti sudah diatas kriteria Pemerintah yang minimal 2,0 derajat. Meski sebelumnya Pemerintah bersama ormas-ormas Islam harus melakukan Sidang Istbat terlebih dahulu pada 7 Agustus nanti.
 
“Insya’ Allah,  kemungkinan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H akan dirayakan secara serentak di seluruh Indonesia pada Kamis (8/8). Tetapi Pemerintah terlebih  dahulu menunggu Sidang Itsbat bersama ulama, pakar dan ormas-ormas Islam," ujarnya seusai buka bersama di rumahnya di jalan Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2013) kemarin.
 
Menurutnya, indikasi itu berdasarkan ijtimak awal bulan Syawal menurut perhitungaan hisab jatuh pada Rabu (7/8) pagi atau siang. Artinya, pada saat sore hari saat pelaksanaan Rukyat dan Sidang Itsbat, tinggi Hilal sudah lebih 2,3 derajat, dan sudah bisa dilihat.
 
“Dengan kemungkinan hilal bisa dilihat pada Rabu sore, maka Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis (8/8). Penentuan Idul Fitri ini sesuai dengan yang telah ditetapkan Muhammadiyah sebelumnya. Karena Pemerintah puasanya 29 hari sedangkan Muhammadiyah 30 hari, jadi bisa jadi lebaran kali ini serentak," katanya dengan nada gembira.
 
Sementara Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil menambahkan, Sidang Itsbat dengan peserta seluruh ormas Islam akan digelar di Kementerian Agama pada 7 Agustus nanti. Seluruh ormas diundang termasuk Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam terbesar di negara ini.
 
“Memang pada hari itu akan dipastikan Hilal benar-benar terlihat diatas 2 derajat. Alhamdulillah,  kita akan merayakan Idul Fitri secara bersama-sama,” harap mantan Rektor IAIN Walisongo Semarang tersebut.

 
Red: Abdul Halim
 

 

Komentar

31.07.201313:48
Ibnu Sirna
Alhamdulillah
Nama

Email


security image
Kode
Komentar