Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 8 Agustus 2013

Jakarta (SI Online) - Warga Muhammadiyah akan merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H pada Kamis, 8 Agustus 2013. Demikian dikatakan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin di Auditorium Dedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin siang (29/7/2013).

"Muhammadiyah melalui keputusan Majelis Tajrih sudah menetapkan Idul Fitri 1434H akan jatuh pada 8 Agustus mendatang," kata Din.

Din menuturkan, penetapan 8 Agustus 2013 sebagai hari raya Idul Fitri karena pada 7 Agustus 2013 sudah terjadi konjungsi antara matahari, bumi dan bulan pada satu garis lurus.

"Apalagi  dengan ketinggian cukup di atas 3 derajat, maka tanpa melihat sudah bisa diperhitungkan secara ilmiah maka kami berkeyakinan 7 Agustus malam hilal syawal sudah ada, dan kita beridul fitri pada tanggal 8 Agustus " jelasnya.

Mengenai kemungkinan terjadi perbedaan pendapat penetapan hari raya Idul Fitri, karena masih ada yang harus mnelihat bulan, Din meminta hal itu dapat ditoleransi. "Insya Allah ukhuwah tetap terjaga," tandasnya.

red: shodiq ramadhan

 

Baca Juga

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar