Qatar Serukan Pembebasan Presiden Muhammad Mursi

Doha (SI Onliine) - Pendukung setia revolusi Arab (Arab Spring) dan pendukung presiden Mesir Muhammad Mursi bergabung dengan dunia internasional dalam menyeru pembebasan Mursi dari tahanan, di samping menyampaikan keprihatainan atas kekerasan di Mesir.

Kantor berita  QNA, mengutip seorang pejabat kementerian luar negeri Qatar mengatakan bahwa Qatar prihatin atas perkembangan yang terjadi di Mesir, terutama meningkatnya korban sipil.

Qatar juga menyatakan keherannya atas berlanjutnya penahanan presiden terpilih Muhammad Mursi yang mengancam pencapaian yang dibuat pada gerakan 25 Januari 2011 yang menumbangkan mantan penguasa Mesir Hosni Mubarak.

Qatar, di bawah penguasa sebelumnya Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani, memberikan dukungan politik dan keuangan untuk pemerintahan Mursi. Bulan lalu Sheikh Hamad lengser demi memberi jalan putranya Sheikh Tamim.

Segera setelah pendepakan Mursi, Qatar dengan hati-hati menyambut Adly Mansour yang dipilih militer Mesir sebagai presiden sementara.

Pejabat kementerian luar negeri Qatar yang menolak menyebutkan namanya itu menyerukan solusi politik yang didadasarkan pada dialog kesatuan nasional untuk menghatasi krisis politik di Mesir.

Amerika Serikat, Jerman, PBB dan Uni Eropa juga menyerukan pembebasan Mursi, sementara Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Navi Pillay, telah memanggil duta besar Mesir di Jenewa bulan ini dan menyurati penguasa baru Mesir berisi tuntutan penjelasan mengenai penangkapan Mursi, lapor AFP.

red: abu faza
sumber: antara

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar