Masjidil Haram Direnovasi, Saudi Sarankan Jamaah Tunda Berhaji Tahun Ini

Riyadh (SI Online) - Arab Saudi telah menyerukan umat Islam agar menunda rencana mereka menunaikan Ibadah Haji tahun ini, karena kegiatan perluasan yang sedang dilakukan di Masjidil Haram di Makkah, demikian laporan Arab News, Ahad (16/6/2013).

Melalui serangkaian pengumuman melalui saluran televisi Kitab Suci Al-Quran dari Makkah, pemerintah menyarankan jamaah yang berencana menunaikan Ibadah Haji dan Umrah tahun ini agar menunda rencana mereka karena kegiatan pembangunan di Masjidil Haram.

Menurut surat kabar tersebut, tindakan yang tidak pernah terjadi sebelumnya itu bertujuan mencegah terjadinya antrian panjang dan desak-desakan, serta menjamin keselamatan jamaah.

Seruan tersebut dikeluarkan setelah keputusan pemerintah untuk mengurangi jumlah jamaah haji asing sebanyak 20 persen dan jamaah dalam negeri sampai 50 persen tahun ini.

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Aziz Ash-Sheikh mendukung tindakan tersebut, dan mengatakan bahwa tindakan itu dilakukan demi kepentingan umat.

Menurut jumlah resmi, sebanyak 3,161 juta orang menunaikan Ibadah Haji tahun lalu. Jika jamaah Haji tidak resmi dihitung, maka jumlah tersebut dapat mencapai empat juta.

Kuota Indonesia Berkurang 42 ribu

Sebelumnya Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, Pemerintah Arab Saudi memutuskan mengurangi kuota haji Indonesia pada musim haji 2013 sebanyak 20 persen atau sebanyak 42.000 jamaah.

"Pengurangan kouta haji sebanyak 42.000 jamaah ini akan dilakukan secara proporsional dari setiap provinsi serta kabupaten dan kota," katanya.

Suryadharma menjelaskan, berdasarkan penjelasan dari Pemerintah Arab Saudi pada Kamis (6/6), pengurangan kouta haji Indonesia sebanyak 20 persen dari kuota dasar karena adanya keterlambatan penyelesaian rehabilitasi Masjidil Haram serta demi keselamatan jamaah haji.

Menurut dia, pengurangan kuota haji sebesar 20 persen ini diberlakukan Pemerintah Arab Saudi kepada negara-negara pengirim jamaah haji sesuai dengan kesepakatan negara OKI. Jumlah jamaah haji Indonesia pada musim haji 2012 sebanyak 211.000 jamaah.

red: shodiq ramadhan

 

Baca Juga

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar