Mantan Pacar Selalu Hadir dalam Mimpi

Diasuh oleh:
Bune Sukma Prawitasari, S.Psi, M.Psi., Psikolog
Dosen Output Character Building UII Yogyakarta
Pimpinan EePyC Consultant (Education & Empowerment Psychology Centre)


Assalamualaikum Bune,

Utari punya masalah bune dengan mantan Utari. Kami sudah pacaran hampir 3 tahun, tapi akhirnya kami berpisah cuma karena dia sudah dijodohkan orang tuanya dan dia gak bisa untuk mengelak. Kami sekarang lulus SMA.

Tapi Utari merasa ada yang aneh seperti dia selalu takut kalau tunangannya mengancam dia bune, dan dia pernah bilang sama Utari kalau dia gak pernah cinta dengan tunangannya, tapi yang selalu buat Utari bingung adalah kenapa dia gak bisa menolak kalau dia gak mau dijodohkan.

Utari bingung bune bagaimana untuk mencari jalan keluarnya. Dan waktu Utari pernah shalat istikhah selama 3 hari, dia selalu hadir di mimpi Utari. Entah kenapa bayang-bayang dia selalu saja hadir di fikiran dan mimpi. Utari gak tau bune gimana cara mengatasinya?


Utari- Serpong


Waalaikum salam.
Dear Utari yang sholihah.
First...bune 'surprice' karena remaja sekarang masih ada yang dijodohkan.

Kedua, dengan melihat mantan Utari yang tidak berani menolak pertunangan....dan hidup dalam ancaman dr tunangannya.. (hehe..utari BERUNTUNG lho gak dapat laki-laki seperti itu).

Maaf ya, bila bune perpendapat seperti itu.

Karena...Pria Muslim yang pantas Utari perjuangkan, idealnya laki-laki yang tidak sekedar bermodalkan cinta. Apalagi yang mengajak pada pacaran dan menjalani tunangan. Pria muslim adalah yang bernyali untuk mengajukan lamaran kepada orangtuamu dan menghindarkan diri dari aktivitas pacaran yang tidak ada tuntunannya di Islam.

Laki-laki juga harus tegas dalam pendirian. Punya Prinsip. Tidak terombang-ambing (di mulut/hati cintanya sama Utari....Tapi tetep jalan dengan tunangannya/gak ada usaha untuk keluar dari ikatan pertunangan.). Itu artinya, dia UNTUNG 2x lho Nak. Keuntungan pertama, dapat cewek tunangan yang cinta denganya, dan dapat cinta dari Utari juga...

Allah Swt berfirman:

"Laki-laki adalah pemimpin kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka atas sebagian lainnya dan karena mereka telah membelanjakan sebagian harta mereka..."
(Q.S. An-Nisaa' ayat 34)

Sudah menjadi ketetapan Allah SWT bahwa orang yang bertanggung jawab memimpin di dalam rumah tangga adalah suami. Bila sekarang saja tidak punya prinsip untuk menentukan masa depannya, dan rela di ‘arahkan’ oleh pihak lain/wanita, bagaimana mungkin dia dapat menjadi Pemimpin saat nanti sebagai kepala keluarga.

LAST, tentang shalat istikharah...Syarat shalat istiqarah adalah : Bila ada DUA/Lebih PILIHAN yang utari RAGUkan dalam kehidupan. Utari juga harus terlebih dahulu menganalisis apaka persoalan tersebut termasuk perkara yang di Ridhai Allah SWT, atau dibenci olehNya.

Utari juga selayaknya membengun sikap dan perasaan yang ‘netral’ tidak cenderung pada salah satu pilihan. Dan disunnahkan setelah sholat membaca do'a yang artinya sebagai berikut:

“Ya Allah, saya memohon pilihan menurut pengetahuan-Mu ,dan saya memohon ketetapan dengan kekuasaan-Mu, dan saya memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkaulah Yang Berkuasa dan saya tidak memiliki kekuasaan, Engkaulah Yang Maha Tahu sedangkan saya tidak mengatahui apapun. Engkau Maha Mengetahui perkara ghaib. Ya Allah, jika Engkau ketahui bahwa urusanku ini (sebutkan keperluannya) baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku serta akibat urusanku – baik untuk sekarang atau masa datang – maka taqdirkanlah untukku, mudahkanlah serta berikanlah keberkahan kepadaku di dalamnya. Sebaliknya jika Engkau ketahui bahwa urusan ini (sebutkan keperluannya), buruk untukku, dalam agamaku, kehidupanku serta akibat urusanku – baik untuk sekarang atau masa datang -, maka jauhkanlah hal itu dariku dan jauhkanlah diriku darinya, serta takdirkanlah untukku yang terbaik saja dimana saja berada, kemudian ridhokanlah hatiku dengan takdir-Mu itu.” (HR. Bukhari).

Jadi, jawaban istiqarah TIDAK HARUS SELALU via mimpi. Jawaban istikharah itu bisa juga melalui kejadian spontan yang membuka fakta tentang kondisi yang sedang kita ragukan. Entah lewat orang lain...atau kita menyaksikannya sendiri.

Nah...sekarang kan pilihan Utari cuma 1...yaitu mantan Utari. Plus alam bawah sadar Utari juga masih suka dengan dia. Maka...wajar kalau di mimpi yang muncul adalah dia.

Sekarang, Utari tidak perlu bingung lagi, ya. Fokuskan diri pada prestasi, dan persiapkan diri untuk menjadi muslimah sholihah. Happy move on, Utari.

 

Komentar

19.03.201411:07
rini
assalamualaikum... sya rini, sya mau tanya sya dl prnah punya pacar dan jln kurang lebih 4th. kami sdah merencanakan pernikahan, tp 3bulan menjelang hari H, pacar sya memutuskan hubungan'nya dengan sya &tanpa sya tau sebabnya. karna sya diputusin hanya lewat sms tanpa mau dia tatap muka dg sya. saat kluarganya mengembalian tunangan'ny itupun tanpa ada sya. alhasil karna kepikiran 2bulan setelah itu papa sya meninggal &mantan sya selang 3bln dr putus langsung menikah dg teman sekantor'ny. skarang sudah 4th dr kejadian itu. kini sya dilamar orang &mau menikah. tp kenapa pikiran &hati sya masih tertuju sma mantan sya ya bune? &sya sering kali berontak dg pasangan sya yg sekarang, soalnya perkenalan kami terbilang cukup singkat. 1bln kenalan, pcaran, lgsg tunangan &skarang kami akan menikah. bisa kasih saran &masukan soal kebimbangan sya bune?
22.12.201306:21
dodi
assalamualaikum wr.wb nama saya dodi saya ingin bertanya kenapa saya selalu ingat dengan seorang yang pernah saya cinta,bahkan saya pernah ounya hubungan dengannya,sedangkan yang saya tau ia belum pernah cinta seperti saya,bagaimana islam memandang perilaku saya yang selalu ingat dia,meskipun saya ingin sekali lupa dengan dia terimakasih walaikumsallam
18.09.201307:35
elsita
bune... kalo mantan sering muncul dimimpi padalah saya sudah 7 tahun menikah dengan pasangan saya itu artinya apa?? padahal tak pernah sedetikpun saya ingat tentang dia ketika saya tidak dalam kondisi tidur.. tapi kalo malam tiba2 dia selalu muncul..
Nama

Email


security image
Kode
Komentar