Kamu Susah Bersosialisasi?, Inilah Solusinya

Diasuh oleh:
Bune
Sukma Prawitasari, S.Psi, M.Psi., Psikolog
Dosen Output Character Building UII Yogyakarta
Pimpinan EePyC Counsultant (Education & Empowerment Psychology Centre)

Assalamualaikum,
Gini Bune, aku punya masalah dalam bersosialisasi. Trus aku juga sulit beradaptasi, di kelas aja banyak yang gak suka sama aku. Di mata mereka aku tuh nyebelin. Mungkin karena gak bisa beri kontribusi apa- apa di kelas , terus Tina juga gak suka hang out bareng mereka, aku lebih suka menyendiri. Teman-teman suka bawa makanan di kelas terus dimakan rame-rame, tapi aku gak pernah bawa makanan ke kelas coz uang jajanku terbatas. Memang sih aku masih punya 2-3 kawan, tapi aku lebih suka menyendiri karena aku sering salting dan mati kutu saat kumpul bareng. Spontanitas aja saat seperti itu aku langsung bed mood dan gak tau harus cari bahan obrolan apa dengan mereka. Minta solusinya dong.

(Tina. P -Surabaya)


Waalaikum salam, Tina sayang,

Benar bahwa manusia itu makhluk sosial, maka idealnya harus dapat bersosialisasi. Tapi, Tina juga harus tahu, bahwa setiap manusia punya kepribadian yang UNIK.

Ada yang pemalu...ada yang PD ...ada yang pendiam tapi kalau disuruh tampil dia berani....ada yang penakut...ada yang cuma berani ‘ramea di FB (kerena nyaman dengan media tulisan/maya), ...ada juga yang malah ANTI dengan FB / dunia maya.

Nah, karena tiap diri kita UNIK, maka tina GAK boleh menyamakan STANDAR cara/bentuk sosialisasi Tina dengan kawan-kawan yang lain. Selagi Tina masih memiliki kawan (sekalipun jumlahnya 2-3), itu artinya Tina masih mampu ngobrol dengan orang lain.

Tina masih mampu membuka perkenalan dengan Bune seperti sekarang ini, maka sesungguhnya Tina baik-baik saja. Tidak ada masalah dalam sosialisasimu. Jumlah kawan Tina mungkin sedikit bila dibandingkan kawan lainnya. Nah, sekarang jadikan teman yang sedikit itu memiliki nilai ikatan yang berkualitas tinggi.

Yang harus kamu lakukan adalah:

(1) Tingkatkan kepercayaan dirimu, dan kendalikan ‘mood’ mu.

(2) Temukan apa hal yang kamu suka dan kamu kuasai, misal kamu suka musik, suka nonton film, suka memasak, suka jalan-jalan, dll

(3) Jadikan itu sebagai bahan obrolanmu dg teman nanti. Fokuslah pada kekuatan yang Tina miliki.

(4) Memulai obrolan dengan banyak kawan mungkin susah, tapi mulai dulu dengan satu kawan terdekatmu, lalu kawan terdekatmu lainnya, kawan dari kawan terdekatmu dan seterusnya. Sehingga kamu mulai menjalin interaksi awal dengan mereka. Dari  interaksi itu yang penting, Tina menjadi tahu apa saja sih yang membuat komunikasi jadi enak / apa yang tidak disukai ketika ngobrol /  bahan obrolan yang lagi OK.

(5) Evaluasilah interaksi awal itu dan kembangkan ke teman lainnya.

(6) Yang pasti, dalam mencoba solusi tersebut, gak perlu terburu-buru. Semua perlu proses. Biarkan juga kawan-kawan melihat perubahan pada dirimu. Ok, sukses ya Nak. Wassalamualaikum.

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar