A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: main_kat_id

Filename: controllers/read.php

Line Number: 56

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: main_uri

Filename: controllers/read.php

Line Number: 56

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: main_kat

Filename: controllers/read.php

Line Number: 56

Forum Ukhuwah Islamiyah Minta MUI Jalankan Sertifikasi Halal

Forum Ukhuwah Islamiyah Minta MUI Jalankan Sertifikasi Halal

Jakarta (SI ONLINE) - Berbagai organisasi masyarakat Islam yang tergabung dalam Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) mendesak Dewan Perwakilan Rakyat mempercayakan Majelis Ulama Indonesia untuk tetap menjalankan sertifikasi halal di Indonesia dalam RUU Jaminan Produk Halal.

"DPR sebagai inisiator RUU tentang Jaminan Produk Halal (JPH) perlu mempertimbangkan aspirasi umat Islam yang sejak lama mengakui dan menerima MUI sebagai yang memiliki kewenangan dalam menyelenggarakan sertifikasi produk halal," kata salah satu perwakilan ormas Islam di Kantor MUI, Jakarta, Sabtu (16/2/2013)

Alasan FUI, disebutkannya, antara lain karena MUI telah teruji, diterima dan dipercaya dalam menjalankan sertifikasi produk halal selama lebih dari 24 tahun dan standarnya pun sudah diterima, diakui, dan diterapkan di Indonesia bahkan diadopsi secara inernasional.

Selain itu selama ini umat Islam dan masyarakat Indonesia sudah terlindungi dengan adanya sertifikasi halal yang dilaksanakan oleh MUI dimana MUI adalah wadah musyawarah bersama umat Islam Indonesia dan tidak berpolitik praktis.

MUI juga memiliki tenaga terlatih dan profesional yang cukup dalam bidang pangan, obat-obatan dan kosmetika. Para pelaksananya juga para ahli dari berbagai unsur ormas Islam, ulama, cendekiawan dan kalangan perguruan tinggi.

MUI yang dengan 33 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Provinsi juga telah memiliki kerja sama yang luas dengan pemangku kepentingan dalam bidang produk dan sertifikasi halal baik di dalam maupun di luar negeri.

"DPR diharapkan kritis, cermat dan tidak membuka peluang perbedaan di kalangan umat Islam, karena masalah JPH dapat berpotensi memecah-belah umat bila pelaksanaannya ditangani oleh berbagai lembaga," katanya.

FUI juga berpendirian kewenangan MUI itu meliputi, menyusun dan menetapkan standar halal, melakukan pemeriksaan produk, menetapkan fatwa kehalalan produk melalui sidang komisi fatwa, hingga menerbitkan sertifikasi halal.

Ditegaskan juga oleh Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, MUI merupakan mitra utama pemerintah dalam menanggulangi masalah umat Islam.

Karena itu, segenap pimpinan ormas Islam sepakat dibangunnya dialog kostruktif untuk memperoleh titik temu terhadap pembahasan RUU JPH demi terlaksananya perlindungan masyarakat dari aspek syar`i.

Pertemuan Forum Ukhuwah Islamiyah-Majelis Ulama Indonesia kemarin antara lain dihadiri wakil dari DDII, Persatuan Ummat Islam, Atthahiriyah, Al-Hidayah, Aisiyah, dan lainnya.

red: shodiq ramadhan
sumber: ANTARA

 

Baca Juga

Komentar

17.02.201315:57
ryo
Islam, agama sempurna. Dari Mulai memilih makanan sampai mau buang air juga diatur. Keep Istiqomah dijalan dakwah, MUI!
Nama

Email


security image
Kode
Komentar