Klarifikasi Pemberitaan Tentang Quran Miracle The Reference

Assalamu'alaikum wrwb.
Setelah membaca berita yang dimuat di suara-islam.com yang berjudul “Ada Salah Tafsir dalam Alquran 'Miracle The Reference', Penerbit Telah Tarik dari Pasaran”, kami melihat, berita tersebut mengutip dari merdeka.com.

Menanggapi berita mengenai pernyataan Ketua MUI Ma'ruf Amin kepada www.merdeka.com, kami sebagai penerbit Quran Miracle the Reference sedang mengagendakan untuk bersilaturahim dengan beliau hari ini (20 Nov 2012)  untuk menjelaskan langsung mengenai hal ini. Menurut perkiraan kami, pada saat diwawancara merdeka.com, beliau belum kesempatan untuk memahami persoalannya secara komprehensif dan berimbang.

Wakil Sekretaris Komisi Pendidikan MUI, Drs. Arif Fakhrudin, M.Ag, yang kami hubungi pagi ini menyatakan, "Saya belum dengar pernyataan KH. Ma'ruf Amin pemusnahan Quran Miracle itu. Saya akan melakukan konfirmasi tentang berita tersebut pada beliau hari ini," ungkapnya. "Sebetulnya kami sudah melakukan diskusi informal di kalangan pengurus MUI tentang Tafsir Ibnu Katsir pada Miracle the Reference halaman 880 yang dipersoalkan itu. Setelah melihat hasil revisinya beberapa bulan lalu, kami bisa menerima. Saya tetap yakin Miracle ini ada misi dakwahnya, jadi tidak masalah. Setelah ada revisi, sudah dianggap selesai." Karenanya, diperkirakan karena kesibukan KH. Ma'ruf yang padat, beliau belum sempat mendalami
permasalahan ini.

Tafsir Surat Yasin ayat 13-14 dalam Quran Miracle the Reference (hal. 880) yang menyebutkan nama Paulus yang dipersoalkan tersebut diambil dari Tafsir Ibnu Katsir, jadi sama sekali bukan hasil penafsiran dari penerbit sendiri. Ibnu Katsir adalah ahli tafsir terpercaya yang dijadikan salah satu referensi utama umat Islam.

Miracle the Reference disusun dengan melibatkan dewan peneliti dari berbagai kalangan akademisi Islam terpercaya. Semua materi dalam Quran ini pun sudah lolos tashih dari Depag. Penjelasan lebih lanjut: www.penjelasanmtr.blogspot.com atau www.syaamilquran.com artikel terkait.

Revisi sudah dilakukan untuk cetakan Juni-Juli 2012, demi menjaga ukhuwah dan menghindari perbedaan pendapat yang berlarut-larut mengenai penyebutan nama Paulus, dll. tersebut. Kami juga sedang melakukan penggantian stok Quran yang ada di agen-agen dan toko-toko, ditukar antara terbitan lama dan terbitan baru. Proses penukaran ini masih berlangsung hingga sekarang. Info tentang proses penukaran: Subiakto (085322622662). Untuk yang ingin berdialog langsung mengenai referensi ini, bisa menghubungi salah seorang tim ahli kami, Ust. Arif Ramdhani Lc. (085353533652).

Mengenai laporan dari ulama di Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, sebetulnya permasalahannya juga sudah selesai. Kami sudah melakukan silaturahim dan menjelaskan tafsir tersebut pada tgl. 14/11/2012 di Banda Aceh. Kami bertemu dengan Tgk H. Faisal Ali (MPU), Ustadz Amin (Kanwil Kemenag), dan Ustadz Israrudin (Fak. Syariah IAIN Banda Aceh). Para petinggi otoritas keagaamaan di Aceh tersebut telah memahami dan serta mengakui keabsahan referensi Tafsir Ibnu Katsir tsb, dan mendukung langkah-langkah penyebaran revisi yang dilakukan oleh Sygma. Mereka juga mendukung upaya-upaya penyebaran ajaran-ajaran Quran pada umumnya yang selama ini kami lakukan. Untuk menjelaskannya kembali pada publik Aceh, kami juga telah melakukan talkshow dengan Radio Seulawat 91.0 FM Aceh, 15/11/2012.

Berita terbaru dari merdeka.com tentang klarifikasi dari pihak Sygma: http://www.merdeka.com/peristiwa/penerbit-tidak-ada-masalah-di-alquran-miracle-the reference.html

Berita terbaru dari yahoo.co.id yang memuat klarifikasi dari pihak Sygma.
http://id.berita.yahoo.com/mui-musnahkan-alquran-miracle-reference-yang-salah-tafsir-200500147.html

Kami harap, pihak suara-islam.com sebagai media online Islam lebih mengedepankan tabayyun, agar masalah ini tidak berefek negatif terhadap umat Islam. Kami juga berharap, pihak suara-islam.com bisa mempublikasi klarifikasi ini.

Demikian penjelasan/klarifikasi dari kami. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum, wrwb.


TINA RAKHMATIN
Corporate Communication PT Sygma Examedia Arkanleema.
Jl. Babakan Sari I No. 71 Kiaracondong Bandung, 40283 Jawa Barat
Telp +62 22 7208298, Fax +62 22 87240636

 

Komentar

18.12.201214:26
samne
TOLONG HENTIKAN PENYEBARAN AGAMA KRISTEN DENGAN CARA SEPERTI INI,JANGAN NODAI KITAB SUCI KAMI, ATAU KAMI HARUS ANGKAT SENJATA.
Nama

Email


security image
Kode
Komentar