Seabad Muhammadiyah, Berkiprah Untuk Dunia Internasional

Jakarta (SI ONLINE) - Organisasi masyarakat Muhammadiyah yang mencapai satu abad terus meningkatkan peran dan memberikan sumbangsihnya bukan hanya di Indonesia tapi juga hingga dunia internasional.

"Muhammadiyah menyadari tidak cukup berbuat untuk Indonesia, sekarang sudah bergerak ke luar negeri dengan terlibat dalam berbagai proses perdamaian," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin pada perayaan seabad Muhammadiyah di Jakarta, Ahad (18/11/2012).

Din mencontohkan peran Muhammadiyah dalam proses perdamaian antarkelompok yang bertikai di Filipina Selatan dan Thailand selatan. Selain itu juga membuat sejumlah nota kesepahaman dengan pemerintah negara barat dan negara non-Muslim.

"Inilah Muhammadiyah, dan ke depan juga jati diri tidak berbeda hanya ada penyesuaian dengan situasi dan kondisi baru," kata Din.

Memasuki abad kedua, ia mengatakan, Muhammadiyah sudah menyediakan konsep yang disebut pernyataan pikiran Muhammadiyah abad kedua yang merupakan kesepakatan Mukhtamar di Yogyakarta pada 2010.

"Kami menyadari tantangan ke depan semakin kompleks, terutama dinamika eksternal, Indonesia yang terus berubah, terjadi perubahan politik, ekonomi, sosial dan budaya begitu juga pada tataran global yang berdampak pada dalam negeri," kata Din.

Muhammadiyah menyiapkan diri dalam dua hal yaitu jangka pendek sebagai mekanisme pertahanan diri dan jangka panjang lewat strategi kebudayaan.

Langkah-langkah tersebut dijabarkan dalam beberapa hal yaitu menformulasi tantangan, revitalisasi gerakan, memperkuat kembali etos Muhammadiyah yang bisa bertahan selama seabad.

Di samping itu, Muhammadiyah ke depan akan lebih meningkatkan kualitas sedangkan dari segi kuantitas selama ini Muhammadiyah sudah memberikan yang terbaik kepada bangsa melalui berbagai lembaga pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

"Kami menyadari ke depan perlu segera meningkatkan kualitas, bukan lagi angka yang dihitung. Kami tidak perduli jika massa kami sedikit yang penting berkualitas," ujar dia.

Sejumlah Tokoh Apresiasi Muhammadiyah

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Muhammadiyah sudah memberikan pengabdian yang luar biasa kepada bangsa selama seabad keberadaan organisasi tersebut.

"Muhammadiyah sudah memberikan pengabdian luar biasa dari pendidikan, kesehatan dan lain-lain," kata Jusuf Kalla saat memberikan testimoni.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu juga menyampikan ucapan selamat ulang tahun kepada Muhammadiyah daa berharap agar Muhammadiyah tetap mengabdi kepada bangsa dan negara.

Ucapan yang sama juga disampaikan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Hasyim Muzadi juga menyampaikan selamat milad kepada Muhammadiyah.

"Saya mengucapkan selamat bagi semua warga Muhammadiyah, terus berbuat untuk bangsa dan insya Allah untuk dunia," ujar Hasyim Muzadi.

Hal senada disampaikan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Dalam testimoninya, Zulkifli mengatakan tepat 100 tahun berdirinya Muhammadiyah, merupakan sebuah ikhtiar untuk melakukan perubahan melalui budaya, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

"Kita bangga dengan ikhtiar ini tiada lain karena Sang Surya bersinar tiada henti. Dengan usia yang ke 100 tahun, Muhammadiyah terus berjaya selama-lamanya dan melakukan eksistensi terbaiknya bagi bangsa dan seluruh dunia," kata Zulkifli.

red: shodiq ramadhan

 

Komentar

18.11.201218:57
mahmudin
terus, bersinar dan berjayalah muhammadiyah
Nama

Email


security image
Kode
Komentar