A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Missing argument 3 for Read::index()

Filename: controllers/read.php

Line Number: 11

altTehran (SI ONLINE) - Mahasiswa Iran berkumpul di depan bekas kedutaan AS di Tehran pada hari Senin (25/4/2011) untuk memprotes kebijakan permusuhan Washington terhadap perkembangan terakhir di wilayah ini.

"> Mahasiswa Iran Peringati Kegagalan Operasi Eagle Claw

Mahasiswa Iran Peringati Kegagalan Operasi Eagle Claw

, 26 April 2011 - 10:43 WIB | Dilihat : 2488
Mahasiswa Iran Peringati Kegagalan Operasi Eagle Claw

Aksi ini bertepatan dengan peringatan ke-31 operasi AS yang gagal di padang pasir dekat Tabas di Iran tengah, atau biasa disebut Operasi Eagle Claw. Para mahasiswa tersebut menggelar demonstrasi di depan bekas kedutaan AS, yang dikenal sebagai Sarang dari Spionase di Iran.

Pada tanggal 25 April 1980, Amerika Serikat melancarkan Operasi Eagle Claw dalam upaya untuk menyelamatkan anggota staf kedutaan besar AS yang disandera di ibukota Iran setelah Revolusi Islam tahun 1979. Namun, badai pasir melanda dan misi harus dibatalkan.

Operasi dimulai ketika enam pesawat transport Hercules C130 berangkat untuk bertemu dengan armada (sembilan) helikopter di landasan gurun Tabas.

Dua helikopter turun dengan masalah mesin akibat badai pasir, dan yang ketiga dialihkan untuk membantu. Kemudian helikopter lain rusak saat mendarat di landasan, dan mantan Presiden AS Jimmy Carter memberi perintah untuk membatalkan operasi.

Saat pesawat hendak lepas landas lagi, helikopter yang lain jatuh ke atas salah satu pesawat C130 dan terbakar. Delapan prajurit AS tewas dalam insiden itu, dan empat lagi menderita luka bakar.

Angkatan Udara, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Korps Marinir AS semua terlibat dalam operasi itu. Iran memperingati acara tersebut setiap tahun sebagai simbol kegagalan Amerika Serikat.

Red: Jaka
Sumber: presstv

0 Komentar