Serangan Bom Tewaskan Puluhan Orang di Pakistan

17 Februari 14:13 | Dilihat : 1357
Serangan Bom Tewaskan Puluhan Orang di Pakistan Bom di Lal Shahbaz (Sumber : Tribun Pekanbaru)

Karachi (SI Online) -- Seorang anggota ISIS dikabarkan melakukan serangan bom bunuh diri di rumah suci Lal Shahbaz Qalandar, Provinsi Sindh, Pakistan pada Kamis (16/2) waktu setempat. Sedikitnya sebanyak 75 orang meninggal akibat ledakan bom tersebut.

Dilansir Republika Online, Jum'at 17 Pebruari, Pelaku bom bunuh diri masuk ke ruang utama rumah suci. Kemudian dia meledakkan diri di tengah puluhan jamaah. Berdasarkan laporan dari tiga orang petugas keamanan, sekitar 20 wanita dan sembilan anak-anak meninggal dalam peristiwa tersebut.

Tiga petugas keamanan tersebut tidak mau disebutkan namanya karena tidak memiliki kewenangan untuk berbicara dengan media. Namun, pejabat kesehatan di Provinsi Sindh,  Fazal Palejo telah mengkonfirmasi jumlah korban yang meninggal.

ISIS telah mengklaim serangan tersebut dilakukan oleh kelompoknya. Klaim tersebut disampaikan mereka melalui kantor berita Aamaq. Sementara, TV lokal menayangkan video setelah ledakan, banyak jamaah terluka dan menangis minta pertolongan. Lantai dipenuhi darah dan bagian tubuh manusia.

Seorang saksi mata, Raja Somro mengatakan, ratusan orang di Lal Shahbaz Qalandar tengah melakukan tarian spiritual yang disebut Dhamal ketika bom meledak. "Saya melihat tubuh dimana-mana, saya melihat tubuh wanita dan anak-anak," kata Raja, dilansir dari Associated Press, Jumat (17/2).

Salah satu perwira tinggi Polisi Pakistan, Inspektur Jenderal Sindh AD Khawaja mengatakan sejauh ini sebanyak 70 orang tewas. Dia menambahkan korban luka akibat serangan bom bunuh diri menjadi 150 orang. Khawaja menuturkan korban luka banyak yang dalam kondisi kritis. Mereka segera dibawa ke Karach menggunakan helikopter dan pesawat C-130 milik Angkatan Laut.

ISIS melalui laman miliknya yakni Arabic  Amaq menyatakan telah meledakkan rompi di tempat suci Lal Shahbaz Qalandar yang berada di Provinsi Sindh, Pakistan selatan. Bom bunuh diri itu dilakukan di sebuah acara Muslim Syiah.

Pejabat tinggi kepolisian lain yakni Rasool Bux mengatakan ledakan pada Kamis malam 16 Februari 2017 terjadi pukul 19.00 waktu setempat. Seorang militan ISIS masuk ke Lal Shahbaz Qalandar melalui gerbang yang dipenuhi oleh orang-orang.

Orang itu lantas meledakkan dirinya ditengah keramaian dimana orang-orang sedang melakukan dhamaal yakni sebuah ritual Sufi. Disebutkan saat ledakan terjadi sekitar 500 hingga 800 orang datang dari berbagai penjuru sedang di dalam kompleks Lal Shahbaz Qalandar.

Setelah peristiwa tersebut, Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif bersumpah, pasukan keamanannya akan melacak pelaku serangan bom bunuh diri. Panglima militer Pakistan, Jenderal Qamar Javed Bajwa juga menegaskan, setiap tetes darah bangsa yang tertumpah harus dibalaskan. Semuanya tidak lagi menahan diri.

Red : Msa
Sumber : Rol/dll

0 Komentar