Seruan kepada Dunia: Hentikan Blokade Jalur Gaza

06 Januari 19:45 | Dilihat : 1454
Seruan kepada Dunia: Hentikan Blokade Jalur Gaza Aksi menuntut dihentikannya blokade terhadap warga Gaza Palestina

Gaza (SI Online) - Puluhan aktivis Palestina pada Kamis (5/1) ikut dalam unjuk rasa dan longmarch yang digalang oleh Komite Rakyat Anti Blokade untuk meresmikan “seruan kepada dunia” agar berusaha mengakhiri blokade Jalur Gaza Gaza di tahun 2017.

Dilansir dari Pusat Informasi Palestina, Jumat (6/1), Ketua Komite Rakyat, Jamal Hidri menegaskan dalam konferensi persnya di akhir aksi di depan perlintasan Berhanun “Erez”, Jalur Gaza bagian utara bahwa kampanye seruan ini sudah mendapatkan respon dan tanggapan dari sejumlah pihak dunia Arab dan dunia internasional untuk bekersama mewujudkannya.

Hidlri menegaskan daruratnya langkah kerja Palestina, Arab dan dunai Islam serta internasional bersama-sama untuk mengakhiri blokade Jalur Gaza yang melanggar hukum dan bertentangan dengan moral.

Hidlri mengisyratkan sejumlah laporan internasional dan PBB bahkan laporan Israel sendiri soal realita kemanusiaan dan krisis berbahaya di Gaza yang akan menimbulkan ledakan sehingga harus ada aksi segera dan cepat mengakhiri penderitaan berkemapangan sejak 10 tahun terakhir ini.

Di tahun 2016 terjadi akumulasi dari 10 tahun blokade dan tiga kali agresi Israel ke Jalur Gaza tersebut sehingga kondisinya paling parah  terlihat di tahun kemarin.

Hidlri menjelaskan, 1,5 juta warga Palestina di Jalur Gaza mengandalkan secara mendasar kepada bantuan dari lembaga-lembaga Arab dan internasioal dan itu saja tidak cukup memenuhi kebutuhan mereka. Penghasilan rata-rata harian setiap orang di Jalur Gaza hanya 2 dolar dan 80% warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Semua sektor kehidupan di Jalur Gaza menurun drastis akibat blokade. Setiap hari tercatat kerugian, dan pengangguran serta kemiskinan terus mengalami peningkatan, pasien tidak tertangangi.

Hidlri menegaskan kembali seruannya agar perpecahan di akhiri dan bersatu menghadapi politik penjajah Israel yang ingin terus memblokade Jalur Gaza, menciptakan penderitaan di Tepi Barat dengan tembok dan permukiman serta di Al-Quds dengan usaha yahudisasi dan penangkapan.


red: adhila

0 Komentar