Lawan Gereja Katolik, Presiden Filipina Ingin Dirikan Agama Baru yang Bolehkan Lima Istri

Sabtu, 31 Desember 2016 - 09:47 WIB | Dilihat : 5626
Lawan Gereja Katolik, Presiden Filipina Ingin Dirikan Agama Baru yang Bolehkan Lima Istri Presiden Filipina Rodrigo Duterte meledek gereja Katolik. [foto: aboutcagayandeoro.com]

Davao (SI Online) - Presiden Rodrigo Duterte mengklaim Filipina tidak percaya pada imam Katolik. Dia mendesak orang-orang bergabung dengan “Iglesia ni Duterte”, sebuah agama yang ingin dia dirikan, di mana tidak ada larangan bagi pria memiliki lima istri asal bertanggung jawab.

Duterte mengumbar penghinaan terhadap kepemimpinan Gereja Katolik yang ikut mengusik perang melawan narkoba yang dia kobarkan di Filipina. Pihak Gereja Katolik mengecam gebrakan Duterte itu karena memicu pembunuhan massal di luar hukum dan pelanggaran HAM.
 
Tapi, Duterte tak mau tunduk dengan kritik dari pihak Gereja Katolik. Kritik dari kubu Gereja Katolik bermunculan di Filipina, salah satunya dari Konferensi Wali Gereja Filipina, dan komunitas gereja-gereja lain seperti Gereja Redemptoris di Baclaran yang baru-baru ini  meluncurkan pameran foto pembunuhan brutal dalam perang melawan narkoba yang diluncurkan pemerintah Duterte.
 
Sebagai tanggapan, Duterte balik meledek pihak Gereja Katolik selama pesta Natal beberapa hari lalu di  Davao, kota kelahirannya.
 
”Anda mengatakan Duterte pembunuh. Anda imam (pendeta), Anda menyalahkan saya atas kematian ribuan pecandu narkoba, bahkan mereka yang meninggal di rumah sakit, Anda masih menyalahkan saya. Tapi Anda adalah orang-orang yang membunuh Kristus,” kata Duterte.
 
Presiden Filipina ini juga menyatakan bahwa Gereja Katolik telah begitu munafik terhadap perang melawan narkoba, di mana pihak Gereja Katolik belum pernah membantunya mengatasi lebih dari empat juta pecandu narkoba di Filipina. Meskipun, kata dia, pihak gereja mengumpulkan uang dalam jumlah besar selama misa.
 
”Mereka selalu berteriak protes dan namun mereka tidak melakukan apa-apa terhadap obat-obatan terlarang. Mereka tidak pernah terusik untuk membantu,” kritik Duterte, seperti dikutip Philippine Star, semalam (30/12/2016).
 
”Ada sesuatu yang baru hari ini. (agama) ‘Iglesia ni Duterte’, di mana tidak ada larangan, Anda bahkan dapat memiliki lima istri. Tapi pastikan bahwa Anda bertanggung jawab untuk masalah Anda,” kata Duterte mengacu pada agama baru yang ingin dia dirikan.
 
”Gereja tidak memberikan apa-apa bahkan ketika mereka mengumpulkan (uang) begitu banyak. Pernyataan saya ini penuh dengan sarkasme karena mereka (pendeta)  telah mengkritik saya. Mereka adalah orang-orang munafik,” ujar Duterte.
 
Duterte mengatakan bahwa dia percaya adanya Tuhan, tapi tetapi dia tidak percaya pada agama yang ada, terutama pada pihak Gereja Katolik. Alasannya, kata dia, Gereja Katolik menabur ketakutan di antara orang-orang yang beriman tentang adanya surga dan neraka.
 
red: abu faza
sumber: sindonews.com
0 Komentar