Kerap Muncul Kasus Terorisme di Bulan Desember, Ini Kata Pengamat

Kamis, 29 Desember 2016 - 10:37 WIB | Dilihat : 2251
Kerap Muncul Kasus Terorisme di Bulan Desember, Ini Kata Pengamat Ilustrasi
Jakarta (SI Online) - Setiap bulan Desember masyarakat Indonesia selalu disuguhkan berbagai kasus, mulai dari terorisme, intoleransi, keamanan dan seterusnya yang mengarahkan seolah-olah umat Islam adalah kelompok yang harus diawasi.
 
"Opini semacam itu tidak terjadi begitu saja, ini by desain dan media menjadi penguatnya," ujar Pengamat Intelijen Independen Jaka Setiawan kepada Suara Islam Online, Rabu (28/12/2016).
 
Dan celakanya, lanjut Jaka, pengambil kebijakan dan pihak keamanan tidak mampu melihat masalah ini secara cermat dan objektif. "Akibatnya terjadi kegaduhan dan banyak pihak yang dirugikan," ungkapnya.
 
Menurutnya, ada semacam kegamangan yang mengendalikan situasi. "Ini terjadi karena arus informasi yang beredar di masyarakat sangat cepat dan tidak terstruktur. Dan situasi ini tidak mampu ditelaah dengan baik oleh pemerintah sehingga hasil kebijakannya cenderung salah kaprah," kata Jaka.
 
Apalagi, kata Jaka, kita tahu saat ini mulai banyak kasus penangkapan aktivis sampai jurnalis yang secara politik punya perbedaan dengan pemerintah. 
 
Oleh karena itu, menurutnya, hukum harus tegak di atas dasar keadilan, tidak boleh tajam ke opisisi dan tumpul ke pendukung pemerintah. "Ini sangat bermasalah. Dalam konteks ini kami melihat elite intelijen akan sulit memberikan informasi yang objektif," tandasnya.
 
red: adhila
 
0 Komentar