Kenakan Kaos Berlogo PKI, Turis Asal Inggris Sempat Diamankan

Ilustrasi: Kaos PKI


Karangasem (SI Online) - Adalah Alan Steven Carter (sekira 25 tahun) seorang turis warga negara Inggris, ketika berada di Dermaga Rakyat Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali; harus berusan dengan pihak berwajib. Dia sangat kaget, ketika didatangi petugas. Setelah mendapat penjelasan; ternyata  karena kaos berwarna merah mencolok yang dikenakan terdapat gambar Palu Arit, logo partai terlarang di Indonesia, PKI. 
 
Komisaris Polisi (Kompol) I Ketut Suharto Giri, Kapolsek Kawasan Laut Padangbai, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan membenarkan. Pihaknya ketika itu  mendapat laporan dari sejumlah warga yang menyebutkan, di Dermaga Rakyat Pelabuhan Padangbai, Karangasem, ada turis yang mengenakan kaos berwarna merah mencolok, bergambar palu arit, identik dengan logo PKI.
 
Petugas segera bergerak. mendapati Alan Steven Carter yang tengah menunggu kedatngan kapal. Benar, ia  mengenakan kaos berwarna merah mencolok dengan gambar Palu Arit. Ia, ketika itu, bersama  pasangannya Kimberly Amy Cooper (24 tahun) sedang  menunggu kedatangan kapal, dan bersiap hendak menyeberang ke Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Pasangan turis ini kemudian diamankan ke Kantor Kepolisian Sektor (Polsek)  Kawasan Laut Padangbai untuk dimintai keterangan. Dalam pengakuannya, Alan menyebutkan sama sekali tidak mengetahui, gambar Palu Arit yang terpampang pada kaos yang dikenakan, adalah Identik dengan logo PKI. 
 
Menurut pengakuan Alan Steven Carter, kaos tersebut didapat, ketika bersama pasangannya, sebelum ke Indonesia, berkunjung ke Vietnam. “Di sana banyak sekali penjual yang menawarkan kaos ini, dengan harga yang sangat murah; hanya USD 1 (berarti hanya sekitar Rp13.500).  Alan mengaku, karena harganya yang sangat murah, menjadi tertarik membeli. Ia juga mengaku hanya sebagai pemakai atau pengguna kaos, yang sama sekali tidak mengerti makna dari gambar palu arit  tersebut,”ungkap Kompol I Ketut Suharto Giri.
 
Pihak Kepolisian melalui Polsek Kawasan Laut Padangbai, hanya melakukan penyitaan terhadap kaos yang dikenakan Alan Steven Carter. Dan setelah Alan Steven Carter meyakinkan kaos yang dimiliki benar-benar hanya satu yang dikenakan, bersama pasangannya Kimberly Amy Cooper kemudian diperkenakan melanjutkan perjalanan wisata ke NTB. Saat itu, ia belum terlambat dengan keberangkatan kapal yang sebelumnya memang ditunggu kedatangannya.
 
rep : muhammad halwan/dbs
 

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar