MTW akan Bangun Bank Umat

Ketua Umum DPP MTW Valentino Dinsi (tengah) dalam konferensi pers usai Seminar Menjadi Muslim Visioner di Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Jakarta, Ahad (20/11). [foto: shodiq/si]

Jakarta (SI Online) - Majelis Ta’lim Wirausaha (MTW) menyebut dirinya sebagai gerakan dakwah dan dagang. Dengan predikat ini, MTW terus mendorong supaya masjid berfungsi sebagai basis bagi kebangkitan perekonomian umat. 

Mengapa harus masjid?. Ketua Umum MTW, Valentino Dinsi, memberikan alasan dengan ilustrasi sederhana. 
 
“Berapa kas masjid sekarang? Ada yang puluhan juta, ada yang milyaran. Ditaruh dimana duitnya, di bank. Siapa yang pinjam duit di Bank?. Non-Muslim, duitnya dibuat beli tanah kita lalu dibangun rumah atau apartemen. Kemudian kita yang beli rumah atau apartemen itu. Itulah bodohnya kita,” ungkap Valentino saat berbincang di selasar Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Jakarta, Ahad sore (20/11/2016). 
 
Berangkat dari ilustrasi sederhana inilah, MTW bertekad akan membuat bank. Bank Umat namanya. Saham bank ini akan dimiliki oleh masjid dan jamaah masjid. “Insya Allah lima tahun lagi kita punya Bank Umat. Saya yan akan pimpin,” kata Valentino. 
 
Bukan hanya Bank Umat, Valentino juga bertekad akan meluncurkan Bank Tanah Indonesia (Indonesian Land Bank). “Isunya sederhana. Jangan jual tanah ke China, jangan jual tanah ke asing dan aseng, tapi percayakan kepada MTW,” jelasnya.
 
Valentino menjelaskan, melalui Bank Tanah ini, MTW akan mencarikan pembeli-pembeli tanah dari kalangan umat Islam. Sehingga tanah-tanah yang akan dijual itu beredar di kalangan umat Islam. 
 
“Kedua, kalau tanah-tanah yang sifatnya produktif, bisa kita olah. Kita akan mencarikan  orang-orang yang bisa mengolah tanah tersebut. Dan siapa yang punya duit, kita kerjasamanya bagi hasil, musyarakah. Di Indonesia belum ada,” ungkap Ketua Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) ini. 
 
Dengan rencana ini, MTW berharap akan menjadi “tuan tanah” yang akan menyelamatkan tanah umat dan bangsa. 
 
Sekadar menyebut nama, Valentino sudah menggadang-gadang para profesional di bidangnya untuk bergabung dalam bank yang akan didirikan nanti. Ia menyebut nama-nama seperti Ketua OJK Muliaman Haddad dan mantan Direktur Utama Bank Muamalat Zainul Bahar Noor sebagai orang yang akan dilibatkan dalam pendirian bank tersebut. 
 
Red: shodiq ramadhan

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar