LPPOM MUI Gelar Pameran INDHEX 2016

Jumat, 21 Oktober 2016 - 06:06 WIB | Dilihat : 817
LPPOM MUI Gelar Pameran INDHEX 2016 Pembukaan INDHEX 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016). [foto: shodiq/si)

 

Jakarta (SI Online) -Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI kembali menggelar pameran Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2016. Ajang kelima ini dilaksanakan bersamaan dengan International Islamic Fair (IIF) 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 20-23 Oktober 2016. 
 
Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengungkapkan, INDHEX merupakan ajang terkemuka untuk memperkenalkan sekaligus menunjukkan potensi-potensi halal Indonesia yang sangat luas dan beragam kepada masyarakat internasional. Termasuk di antaranya produk pangan, obat-obatan dan kosmetika. 
 
Dan untuk lebih memacu perkembangan industri halal di Indonesia, tambahnya, sekaligus agar memiliki nilai keunggulan di kancah global, MUI bersama tim kerja dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan merancang satu kawasan industri khusus halal.
 
"Sangat diharapkan, dengan adanya kawasan industri halal ini, dilengkapi pula dengan ajang pameran halal INDHEX ini, Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, dapat meraih dan memenangkan perdagangan halal di pasar global," ungkap Lukman saat menyampaikan sambutan pembukaan INDHEX 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016). 
 
Terkait dengan industri halal, Lukman menjelaskan, saat ini yang harus diperkuat adalah perdagangan halal. LPPOM MUI dalam hal ini telah menyiapkan standard halal yang kini telah diadopsi oleh 23 negara di dunia. 
 
“Kami sudah mneyusun standard industri halal. Harapannya perdagangan Indonesia atau negara mayoritas muslim dapat porsi yang lebih besar lagi,” harapnya. 
 
Semua langkah ini, kata Lukman, adalah untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat perdagangan halal dunia seperti yang telah dicanangkan. 
 
Seperti biasa, dalam pergelaran INDHEX, selain pameran produk-produk halal, juga diumumkan para pemenang Halal Award 2016. Selain itu juga pengumuman pemenang Olimpiade Halal tingkat SMA. Hadir dalam pembukaan INDHEX 2016 dan IIF 2016 Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto. 
 
red: shodiq ramadhan 
0 Komentar