KH Bahrul Hayat Kembali Pimpin Dewan Dakwah Jabar

Senin, 03 Oktober 2016 - 17:01 WIB | Dilihat : 1030
KH Bahrul Hayat Kembali Pimpin Dewan Dakwah Jabar Muswil DDII Jawa Barat

 

Bandung (SI Online) - KH. Bahrul Hayat, MA kembali terpilih memimpin nakhoda Dewan Dakwah Jawa Barat periode 2016-2022. Bahrul Hayat terpilih melalui keputusan rapat formatur dalam acara Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Dakwah Provinsi Jawa Barat di Wisma Anugerah Kota Bandung, Sabtu hingga Ahad (1-2/10/2016). 
 
Bahrul Hayat kembali memimpin dan  ini merupakan periode ketiga setelah dua periode sebelumnya berturut-turut mengemban amanah tersebut. Dewan Dakwah Provinsi Jawa Barat mengadakan Muswil dalam rangka regenerasi dan kaderisasi dakwah. Muswil yang mengusung tema, “Menjawab tantangan jaman dengan da’wah” dibuka langsung oleh ketua umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Mohammad Siddik, MA.
 
Dalam sambutannya , Siddik menyampaikan bahwa saat ini dakwah Islam secara umum di seluruh dunia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu tandanya adalah banyak yang mulai tertarik mempelajari Islam dan akhirnya mengucapkan syahadat.
 
“Meski kita akui ada beberapa orang yang murtad dari Islam namun jumlah lebih banyak orang yang memeluk Islam. Bukan rahasia lagi setiap tahun ribuan orang di Amerika maupun Eropa berpindah agama dan memilik Islam sebagai keyakinan,”ungkapnya di hadapan peserta.
 
Meski demikian ummat Islam juga perlu mewaspadai disebabkan perkembangan dakwah yang gemilang menimbulkan kecemburuan di kalangan non muslim. Contohnya, di Amerika dan Eropa banyak tempat ibadah yang kosong ditinggal jemaatnya. Imbasnya karena tempat ibadah tersebut kosong tanpa jemaat sehingga dijual dan ternyata dibeli oleh kaum muslimin. Tak mengherankan bila sekarang ada gereja beralih fungsi menjadi masjid atau pusat keislaman.
 
Sementara itu, KH. Bahrul Hayat mengungkapkan dalam sambutannya bahwa umat Islam harus bersatu menghadapi musuh. Tidak hanya musuh internal tetapi juga eksternal. Pemurtadan yang kini masif di beberapa daerah, dan munculnya aliran-aliran sesat yang merusak akidah Islam perlu diwaspadai. Untuk itu, dibutuhkan koordinasi yang matang antara Dewan Da’wah wilayah dengan dai-dai di daerah rawan apabila ada peristiwa janggal dan segera mengambil langkah preventif.
 
Acara yang berlangsung hingga Ahad petang ini dihadiri oleh 22 perwakilan dari Dewan Dakwah Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat, di antaranya Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sumedang, Garut, Purwakarta, Tasikmalaya dan Bandung. Dengan terpilihnya kembali KH. Bahrul Hayat, MA menjadi ketua Dewan Da’wah Provinsi Jawa Barat semoga dapat melanjutkan kembali estafeta Da’wah di Jawa Barat guna menjawab tantangan jaman dengan dakwah.
 
Rep: Muttaqin
Red: shodiq ramadhan
0 Komentar