A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Missing argument 3 for Read::index()

Filename: controllers/read.php

Line Number: 11

Insiden di Poso, Pengamat : Sesama Aparat Saja Salah Tembak, Apalagi kepada Warga

Insiden di Poso, Pengamat : Sesama Aparat Saja Salah Tembak, Apalagi kepada Warga

Kamis, 28 Juli 2016 - 16:43 WIB | Dilihat : 8269
Insiden di Poso, Pengamat : Sesama Aparat Saja Salah Tembak, Apalagi kepada Warga Pengamat terorisme Mustofa B Nahrawardaya
Jakarta (SI Online) - Pengamat terorisme Mustofa B Nahrawardaya memandang insiden salah tembak yang terjadi dalam operasi Tinombala di Poso sebagai hal yang mengerikan.
 
Kata Mustofa, bila aparat seperti Brimob dan TNI saja bisa salah tembak, bagaimana dengan warga sipil. “Kita pakai logika saja, TNI dan Polri yang mereka dibekali kemampuan bertempur/berperang bisa salah tembak begitu, apalagi kepada warga sipil,” kata Mustofa kepada wartawan, Kamis (28/7/2016). 
 
Karena itulah, ia memaklumi adanya keinginan dari warga Poso agar Polisi keluar dari wilayah tersebut. “Makanya saya memaklumi jika warga di sana meminta Polisi segera keluar dari Poso. Ini jadi bukti-bukti, sehingga terbuka kan ternyata seperti ini persoalannya,” katanya.
 
Mustofa juga mendesak dilakukannya penyelidikan terhadap para korban tewas yang ditembak mati selama ini oleh aparat.
 
“Jadi orang-orang yang ditembak mati oleh polisi kemarin itu menurut saya harus diaudit dan diteliti, benar tidak orang-orang sipil yang mati itu dianggap sebagai Santoso dan kawan-kawannya atau memang itu warga sipil biasa. Kemudian korban-korban yang jatuh sejak operasi baik dari TNI dan Polri juga diteliti,” jelasnya.
 
Mustofa menilai insiden tersebut semakin membuka mata masyarakat tentang bagaimana kinerja aparat selama ini. “Ini mengerikan, sesama teman saja mereka bisa salah tembak bagaimana kepada warga sipil,” tandasnya.
 
Seperti diketahui, seorang anggota TNI, Serda Muhammad Ilman anggota Satgas Intelijen Ops Tinombala tewas tertembak di Desa Towu Kecamatan Poso Pesisir Utara. Korban adalah anggota Intel Korem 132 Tadulako. 
 
Ilman tewas terkena tembakan oleh Satuan Brimob Tinombala setelah diduga sebagai kelompok Santoso sehingga menjadi target dan tewas di lokasi.
 
red: adhila
sumber: panjimas
0 Komentar