Top

Tutur Kata yang Baik adalah Sedekah

Minggu, 22 Mei 2016 - 09:44 WIB | Dilihat : 2542
Tutur Kata yang Baik adalah Sedekah Ilustrasi memberikan nasehat
Allah SWT berfirman:
 
وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ
 
“Dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman. ” (QS. Al Hijr: 88) 
 
Syaikh Muhammad Al Amin Asy Syinqithi mengatakan, “’Berendah dirilah, yang dimaksud dalam ayat ini hanya untuk mengungkapkan agar seseorang berlaku lemah lembut dan tawadhu’ (rendah diri).” Jadi sebenarnya ayat ini berlaku umum untuk setiap perkataan dan perbuatan, yaitu kita diperintahkan untuk berlaku lemah lembut. 
Ayat ini sama maknanya dengan firman Allah Ta’ala,
 
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ الله لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظّاً غَلِيظَ القلب لاَنْفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ
 
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159). 
 
Yang dimaksud dengan bersikap keras di sini adalah bertutur kata kasar. Dengan sikap kasar akan membuat orang lain lari dari kita. 
 
Al Hasan Al Bashri mengatakan, “Berlaku lemah lembut inilah akhlak Nabi Muhammad SAW yang di mana beliau diutus dengan membawa akhlak yang mulia.”
 
Rasulullah SAW bersabda, "Tutur kata yang baik adalah sedekah." (HR. Ahmad dan disebutkan oleh Al Bukhari secara mu'allaq dalam kitab shahihnya)
 
Ibnu Baththol mengatakan, "Tutur kata yang baik adalah sesuatu yang dianjurkan dan termasuk amalan kebaikan yang utama. Karena Nabi SAW menjadikannya sebagaimana sedekah dengan harta. Antara tutur kata yang baik dan sedekah dengan harta dapat menyenangkan orang yang diberi sedekah. Sedangkan tutur kata yang baik juga akan menyenangkan mukmin lainnya dan menyenangkan hatinya. Dari sisi ini, keduanya memiliki kesamaan (yaitu sama-sama menyenangkan orang lain)." (Syarh Shahih Bukhari Ibnu Baththol)
 
Wallahu a'lam
 
Abu Miqdam
Komunitas Akhlak Mulia
0 Komentar