Ternyata Minum Air Dingin tidak Buat Badan Jadi Gemuk

Rabu, 23 Maret 2016 - 15:21 WIB | Dilihat : 2460
Ternyata Minum Air Dingin tidak Buat Badan Jadi Gemuk Ilustrasi: Air Es
SI Online - Air dingin seringkali menjadi solusi bagi dahaga yang tak tertahankan, apalagi bagi yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi tinggi. Namun bagi sebagian orang, minum air dingin menjadi bagian yang terkadang sangat diwaspadai, bahkan dihindari. 
 
Pasalnya, selama ini air dingin disinyalir dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk jika terlalu sering meminumnya. Lalu bagaimana pendapat para pakar mengenai hal tersebut?
 
Prof Dr Hardinsyah, MS, salah satu penulis buku Fakta dan Mitos Hidrasi mengatakan hal tersebut tidak benar. Bahkan menurutnya, konsumsi air dingin justru dapat membakar kalori yang tersimpan di dalam tubuh.
 
Ia mengungkapkan, ketika kita meminum air dingin, itu tak bisa langsung diserap oleh darah. Agar bisa diserap, ujarnya, suhunya harus sama dengan suhu tubuh. Untuk membuat suhu air dingin sesuai dengan suhu tubuh ada proses metabolisme. Proses metabolisme inilah yang membakar kalori yang tersimpan di lemak tubuh.
 
Meski dapat membakar kalori, perlu diingat bahwa minum air dingin saja tak akan membuat berat badan berkurang. Apalagi jika konsumsi makanan berlemak tidak dijaga dan aktivitas fisik juga rendah. Kalori yang dibakar tidak akan berarti banyak.
 
Asupan cairan utama bagi tubuh adalah air minum. Namun konsumsi buah dan sayur juga tidak boleh dilupakan. Cairan tubuh terdiri 80 persen dari air minum, oleh karenanya memenuhi kebutuhan 8 gelas air per hari demikian penting. Sisanya 20 persen didapat dari buah dan sayuran.
 
Selain mengandung cairan, buah dan sayur mengandung banyak serat. Tubuh mencerna serat lebih lama sehingga membuat rasa lapar berkurang. Dengan demikian, keinginan untuk makan dapat sedikit dikendalikan.
 
Kurangi Berat Badan dengan Air Putih
 
Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengurangi berat badan melalui konsumsi air?
 
Upayakan mengonsumsi setidaknya dua gelas air putih saat bangun tidur, hal tersebut diakui dapat menjadi detoks alami yang akan menghilangkan racun tidak berguna dari tubuh termasuk kolesterol berlebih.
 
Selain itu, minum dua gelas air putih sebelum makan juga dapat membantu mengurangi berat badan. Pasalnya, air putih yang masuk ke dalam tubuh dapat memberi efek mengenyangkan. Dengan demikian, otomatis hal tersebut dapat mengurangi porsi makan kita.
 
(Haifa HR)

 

0 Komentar