Ingin Pernikahan Makin Istimewa, Inilah Perawatan yang Harus Dilakukan Calon Pengantin

Rabu, 09 Maret 2016 - 09:52 WIB | Dilihat : 2505
Ingin Pernikahan Makin Istimewa, Inilah Perawatan yang Harus Dilakukan Calon Pengantin Ilustrasi: Pengantin Muslimah

SI Online - Bagi Muslimah, ada persiapan yang tak boleh dilupakan menjelang pernikahan. Selain urusan gedung, catering, baju pengantin, hingga hal-hal detail lainnya,  jangan sampai lupa untuk mempersiapkan sesuatu yang paling penting ini sebelum melangsungkan pernikahan, yakni perawatan wajah dan tubuh sendiri.

Hal tersebut dilakukan agar saat momen bahagia berlangsung, kita terlihat lebih segar. Selain itu, tentunya agar hari bersejarah tersebut menjadi semakin istimewa, khususnya bagi pasangan yang telah halal bagi kita. 

Perawatan menjelang pernikahan ini bisa kita lakukan setidaknya tujuh hari sebelum hari istimewa itu tiba. Lantas perawatan apa saja yang harus dipersiapkan?

Facial

Lakukan facial seminggu sebelum hari pernikahan untuk membersihkan wajah lebih maksimal. Mintalah terapis untuk mengangkat komedo pada wajah. Tetapi biasanya, pengangkatan komedo dapat menyebabkan iritasi wajah sehingga kita harus bisa memastikan masih ada waktu untuk menyembuhkan iritasi tersebut.

Tak ada salahnya setiap malam seusai beraktivitas kita beristirahat sambil menutup kedua mata dengan irisan mentimun yang telah didinginkan di lemari es. Rutin melakukan hal tersebut, dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah kelopak mata.

Luluran

Tidak hanya wajah saja yang harus dicerahkan, namun tubuh juga perlu mendapat perhatian. Balurkan lulur pada seluruh tubuh untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tubuh lebih cerah berkilau. Perawatan ini bisa dilakukan setiap dua hari sekali.

Cara merawat tubuh wanita bagian kulit luar dengan lulur dan mandi rempah-rempah sangat disarankan. Kedua cara ini ampuh menjaga kehalusan serta keharuman kulit calon pengantin muslimah. 

Tak heran jika sejak dahulu kala, tradisi lulur tradisional sangat disukai para putri raja yang ingin selalu menjaga keindahan kulit mereka. Dan saat ini baik lulur kemasan maupun sabun bahan mangir juga rempah wangi, bisa diperoleh sangat mudah di toko kosmetik maupun salon kecantikan.

Biasanya terlebih dulu dilakukan pemijatan dengan olesan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk mengendorkan ketegangan otot, serta melancarkan peredaran darah. Setelah pengolesan minyak alami, baru balurkan lulur secara merata dan didiamkan hingga mengering. Ritual terakhir, mandi dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampurkan aneka rempah-rempah.

Melakukan body massage atau lulur di salon kecantikan cukup satu atau dua kali saja, supaya sel kulit mati bisa terangkat menyeluruh dari bagian tubuh. Perawatan berikutnya bisa dilanjutkan sendiri di rumah. 

Mandi dengan rebusan sari rempah (daun sirih, sereh, jahe, kayu cendana, pinang, rimpang kunyit) sambil luluran, perlu dijadwalkan dua kali dalam satu minggu. Sebab dengan menguatkan wangi aromatheraphy alami, calon pengantin muslimah bisa lebih rileks dari rasa lelah, termasuk membuat pikiran lebih tenang.

Perawatan Kuku dan Gigi

Kedua bagian tubuh ini kelihatan sederhana tetapi juga sangat penting diperhatikan. Kebersihan gigi dan kuku tak lepas untuk menjamin tubuh yang segar, apalagi saat di pelaminan nanti kita juga akan berhadapan dengan banyak tamu undangan. Nggak banget kan, kalau mempelai muslimah bau mulut dengan kuku yang juga menghitam.

Untuk kuku, bisa melakukan menicure juga pedicure di salon. Tapi bagi yang ingin melakukannya di rumah, bisa dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum memotong kuku, baik pada tangan maupun kaki. Jangan lupa mengikirnya setelah itu, agar bagian kuku yang telah dipotong menjadi bersih dan terbentuk rapi.

Sedangkan untuk perawatan gigi, rajin menggosok gigi sudah pasti yang pertama dan utama. Selanjutnya, upayakan menghindari dulu mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tak sedap cukup lama di mulut. Kemudian, mendatangi dokter gigi untuk membersihkan sisa makanan yang melekat atau karang gigi, penting juga dilakukan, setidaknya tiga hari sebelum pernikahan.

Perawatan Organ Kewanitaan dan Pijat Payudara

Perawatan organ kewanitaan ini sangat diperlukan agar bersih, kesat, dan tidak berbau. Hal ini dapat dilakukan di salon kecantikan, dengan ratus atau penguapan secara tradisional. Jika memiliki alatnya, bisa juga membeli bahan ratus di salon-salon kecantikan untuk kemudian melakukan perawatan sendiri di rumah. 

Sama halnya dengan perawatan organ kewanitaan, pijat payudara penting dilakukan untuk memperlancar sirkulasi darah dan pengencangan. Pijat ini sangatt dianjurkan dilakukan sendiri saja di rumah, dengan mengoleskan minyak zaitun, kemudian lakukan pijatan memutar di kulit payudara selama 10 menit. Lakukan setiap malam hari sebelum beristirahat. 

Sexercise

Ini adalah senam ringan yang berfokus ke organ kewanitaan. Gerakan senam khusus ini sekarang sudah banyak dan bisa diunduh dari youtube. Rutin melakukan latihan ini membantu mengencangkan otot-otot kewanitaan dan otot sekitar panggul yang sangat bermanfaat membantu wanita dalam melakukan tugasnya sebagai istri. Selain itu, senam ini juga bermanfaat saat hamil dan setelah proses persalinan.

Selamat menjalani perawatan di atas ya, Muslimah. Jangan lupa, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta lebih banyak lagi minum air putih agar kulit terjaga kesehatan serta kelembabannya. Semoga dengan itu hari bersejarah yang dinanti makin istimewa. Barakallahu.

(Haifa HR)

1 Komentar