Begini Cara Gunakan Es Batu untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kamis, 18 Februari 2016 - 19:55 WIB | Dilihat : 4833
Begini Cara Gunakan Es Batu untuk Kesehatan Kulit Wajah Ilustrasi: Mengaplikasikan Es Batu di Kulit Wajah
SI Online - Sebelum menggunakan air es atau es batu yang bermanfaat untuk kesehatan  kulit wajah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya, sebelum mengaplikasikan penggunaan es batu atau air es, terlebih dahulu bersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih. 
 
Setelah itu, cuci wajah menggunakan sabun khusus pembersih wajah. Jadi, jangan langsung mencuci wajah dengan air es, karena kita perlu menghilangkan kotoran yang menempel di wajah terlebih dahulu yang tak bisa hilang begitu saja dengan air es.
 
Setelah wajah bersih, barulah aplikasikan air es di wajah untuk mengurangi kelebihan minyak dan debu yang menempel di kulit wajah.  (Baca: Inilah Manfaat Air Es untuk Kesehatan Kulit Wajah)
 
Mengoleskan es batu pada kulit wajah setelah dibersihkan, memang akan sangat menyegarkan sekaligus dapat menjaga kulit wajah menjadi lebih cantik, cerah, halus, kencang, dan merapatkan pori-pori. Namun demikian, ada beberapa hal lain selain proses pembersihan, yang sangat perlu diperhatikan ketika melakukan kebiasaan yang disebut "skin icing" ini, yaitu:
 
1 Gunakan kain pembungkus tipis setiap kali akan mengoleskan es batu pada kulit wajah. Dan disarankan  juga menggunakan sarung tangan. Hal ini akan membantu kita memegang es batu dengan lebih baik.
 
2 Pembuluh kapiler di bawah kulit dapat mengalami kerusakan bila terkena suhu dingin dengan ekstrem, sehingga tidak dianjurkan menggunakan es batu yang langsung diambil dari dalam freezer. Sebaiknya beri jeda sekitar 1-2 menit setelah mengambil es dari freezer sebelum dioleskan ke permukaan kulit wajah.
 
3 Pembuluh kapiler di bawah permukaan kulit wajah juga akan mudah rusak jika kita mengoleskan es batu terlalu lama, terutama jika tidak menggunakan pembungkus.
 
4 Jika wajah terasa sudah terlalu dingin atau agak membeku, segera hentikan kegiatan skin icing. Cobalah untuk melakukan skin icing tak lebih dari 15 menit pada permukaan kulit wajah.
 
Sebagai tips tambahan, kita juga dapat menggunakan bahan-bahan berikut ini ketika mempersiapkan air yang akan dibuat menjadi es batu: campurkan air biasa dengan lemon, teh hijau, mentimun, strawberry, dan buah-buahan segar lainnya, atau bisa juga menggunakan rempah-rempah. 
 
Setelah mencampur air dengan buah atau rempar-rempah tersebut, tuang dalam cetakan es dan masukkan ke dalam freezer. Jangan lupa, upayakan bahan-bahan yang digunakan memang cocok bagi jenis kulit kita. 
 

(Haifa HR) 

0 Komentar