Inilah Manfaat Air Es untuk Kesehatan Kulit Wajah

Rabu, 17 Februari 2016 - 16:14 WIB | Dilihat : 3688
Inilah Manfaat Air Es untuk Kesehatan Kulit Wajah Ilustrasi: Es Batu

SI Online - Tak hanya memberi kesegaran dan pelepas dahaga, air es juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Ya, air dingin atau es batu ternyata bisa menjaga kecantikan dengan membantu menenangkan kulit sekaligus membersihkannya dari berbagai infeksi. 

Selain suhunya yang bisa menghalau infeksi, air es juga bermanfaat untuk kecantikan wajah karena ia hanya mengandung air mineral, tanpa kandungan lainnya. Artinya, kemampuan air untuk memanjakan kulit wajah pun menjadi lebih maksimal.
 
Menggunakan air es pada kulit wajah dua kali seminggu bisa membantu membersihkan jerawat dan noda yang mengganggu. Selain itu, kita juga bisa melakukan pijatan (massaging) es batu ke kulit wajah untuk membantu memperbaiki tekstur wajah. Hasilnya, kulit wajah akan terlihat lebih cerah.
 
Penasaran ingin tahu khasiat lain es batu untuk kulit wajah jika dilakukan secara rutin? Berikut diantara manfaat es batu untuk kesehatan kulit wajah:
 
1. Membuat Kulit Wajah Lebih Bersinar
Mengoleskan es batu pada permukaan kulit wajah secara teratur, dapat meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, sehingga efeknya akan menghasilkan cahaya yang lebih alami pada wajah. Untuk hasil yang lebih baik, kita dapat menggunakan es batu dari cairan buah-buahan.
 
2. Mengurangi Noda Bekas Jerawat 
Mengoleskan es batu pada kulit wajah akan mengurangi noda kemerahan bekas jerawat dan peradangan kulit. Cobalah mengobati jerawat yang muncul dengan mengoleskan es batu langsung di atas jerawat. Cara ini dapat dilakukan selama beberapa detik, hingga jerawat menjadi mati rasa. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap hari pada malam hari.
 
3. Mengurangi Lingkaran Gelap di Bawah Mata
Gunakan campuran air mawar dan jus mentimun yang dibekukan untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Lingkaran hitam di bawah mata ini biasanya disebabkan kebiasaan begadang. Namun olesan es batu dari campuran tadi dapat mengurangi kantung kehitaman di bawah mata.
 
4. Menghaluskan Kulit Wajah 
Jika kita menginginkan cara termudah dan murah untuk menghaluskan permukaan kulit wajah, es batu adalah salah satu pilihan terbaik. Mengoleskan es batu ke permukaan kulit wajah direkomendasikan oleh para ahli kecantikan sebelum kita mengaplikasikan make up. Cara ini akan membuat permukaan kulit wajah lebih halus, dan penggunaan foundation lebih merata karena air es atau es batu dapat memperkecil pori-pori kulit wajah.
 
5. Trik Pengganti Make Up 
Jika kita terburu-buru untuk bersiap pergi ke luar rumah, dan tidak memiliki cukup waktu untuk mengaplikasikan make up, jangan khawatir. Gunakan saja kain atau sapu tangan untuk membungkus es batu, kemudian oleskan ke permukaan kulit wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih segar, bercahaya, dan merona, kendati tanpa make up.
 
6. Mencegah Datangnya Kerutan
Es batu dapat mengecilkan pori-pori, dan meminimalkan pembesarannya. Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, es batu bisa membantu menyeimbangkan kadar minyak, dan meningkatkan penampilan kulit. Air dingin juga menjaga peremajaan kulit dan menyegarkan. Lakukan sebelum tidur setelah mengaplikasikan krim malam untuk memaksimalkan manfaatnya. 
 
Nah, untuk menjadi cantik ternyata tak harus mengeluarkan anggaran besar bukan. Cukup gunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
 
(Haifa HR)
0 Komentar