Puasa Gadget Jadikan Rumah Tangga Makin Harmonis

Jumat, 29 Januari 2016 - 06:43 WIB | Dilihat : 2675
Puasa Gadget Jadikan Rumah Tangga Makin Harmonis Ilustrasi: Bermain Gadget

SI Online - Gadget sudah menjadi daya tarik yang luar biasa bagi sebagian besar orang. Dimana pun mata memandang, hampir pasti dapat kita saksikan orang-orang yang sibuk dengan gadgetnya, bahkan di saat sedang bersama teman, keluarga, juga pasangan.

Bicara pasangan dan rumah tanggga, disadari atau tidak bahwa sebuah pernikahan sekalipun bisa rusak karena gadget. Ya, gadget pada kondisi tertentu, layaknya racun yang membuat sebagian besar penggunanya seakan kecanduan sehingga sulit untuk melepaskan genggaman tangan dan penglihatan dari sekedar mengecek pesan atau notifikasi baru yang masuk.
 
Memang, tidak selalu sibuk bermain gadget itu berarti sedang berselancar dengan lawan jenis. Bermain gadget tidak selalu menunjukkan bahwa seseorang memiliki hubungan istimewa yang terlarang. Tapi kecanduan bermain gadget dapat dipastikan mengurangi intensitas komunikasi antar pasangan yang berujung pada perasaan sensitif dan kurangnya rasa percaya terhadap suami atau istri.
 
Bayangkan, saat asyik berkumpul bersama keluarga, tiba-tiba salah seorang diantaranya, entah suami atau istri disibukkan oleh pesan-pesan atau notifikasi yang masuk. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu kebersamaan, dan membuat pasangan menjadi tidak nyaman dengan situasi yang terjadi saat itu. 
 
Alih-alih mempererat jalinan kasih sayang antar-anggota keluarga, justru yang terjadi malah sebaliknya, kehangatan yang tercipta menjadi berkurang kualitasnya karena gadget telah mencuri perhatian salah seorang diantaranya.
 
'Puasa' Gadget untuk Rumah Tangga yang Makin Harmonis  
 
Berupaya  ‘puasa’ bermain gadget dapat menjadi salah satu solusi mempererat hubungan dengan pasangan. Alasannya, karena dengan begitu waktu luang yang tersedia untuk menciptakan momen bersama pasangan bisa lebih kuantitasnya, ketimbang mengutak-atik gadget.
 
Penting diketahui oleh suami atau istri, terbiasa mengecek gadget atau smartphone dapat secara mudah menurunkan mood melakukan hubungan suami istri. Terlebih jika isi pesan atau email pekerjaan kantor atau kesibukan sehari-hari berjalan tidak sesuai rencana. Stres, kecemasan atau kondisi tidak fokus akan mengalihkan kita dari situasi bagaimana seharusnya menikmati masa santai berdua dengan pasangan.
 
Bagaimana memulai langkah ‘puasa’ gadget demi hubungan rumah tangga yang harmonis? 
 
Atur waktu pemakaian gadget sesuai kebutuhan
 
‘Puasa’ bukan berarti kita tidak menyentuh atau menggunakan gadget sama sekali. Puasa disini lebih diartikan mengurangi, memaksimalkan sekaligus memanfaatkan penggunaan ponsel sesuai kebutuhan saja. Mulailah dengan mengatur waktu stand by gadget, misalnya sejak pukul 6 pagi hingga pukul 7 malam. Cara ini baik untuk membiasakan diri agar terhubung dengan dunia luar hanya di jam aktif. 
 
Cara ini juga efektif memperbaiki waktu tidur, sehingga jam istirahat otak dan mata pun menjadi maksimal.
 
Aktifkan notifikasi gadget untuk telepon dan pesan saja
 
Ternyata, kebiasaan bermain gadget umumnya bukan disebabkan adanya telepon atau pesan yang masuk, melainkan lebih banyak pada aktivitas berselancar di internet, membuka facebook, twitter, maupun media sosial lainnya. Sekarang, tak ada salahnya membatasi eksistensi di sosial media hanya pada jam tertentu saja yang memang telah menjadi komitmen diri. 
 
Alihkan perhatian dengan kebersamaan bersama keluarga atau menjalin suasana yang romantis dengan pasangan. Misalnya, memasak menu favorit keluarga atau sekedar mengatur ulang dekorasi rumah.
 
Memang, kebutuhan antara satu orang dengan yang lain terhadap gadget, berbeda. Tapi menggunakan gadget secara bijak dengan tidak mengorupsi keberasamaan dengan keluarga hanya demi mengutak-atik gadget, adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan demi menjadikan hubungan antar-angota keluarga makin harmonis. 
 
(Haifa HR)
 
0 Komentar