Ini Ciri-ciri Lelaki Idaman Pemimpin Rumah Tangga

Senin, 25 Januari 2016 - 05:58 WIB | Dilihat : 3627
Ini Ciri-ciri Lelaki Idaman Pemimpin Rumah Tangga Ilustrasi: Sepasang Suami Istri
SI Online - Bagai perahu yang berlayar di lautan, terkadang, ombak mengguncang dan badai menerpa. Seperti itu jugalah keadaan sebuah rumah tangga, tak luput dari guncangan prahara dan problematika. Saat itulah sosok pemimpin rumah tangga yang tenang dalam menghadapi masalah sangat dibutuhkan. Juga kebijaksanaan dalam bersikap, cerdas dalam mengambil keputusan, mutlak diperlukan agar tujuan pernikahan dapat tercapai dengan selamat.
 
Hal ini hanya akan terwujud dengan berupaya mencari calon suami yang shalih sebagai pemimpin keluarga. Dan merupakan tugas para wali dari pihak wanita untuk memilihkan pendamping hidup dengan kualitas agama yang baik, yang dengan itu diharapkan akan mendukung kualitas keshalihan keluarganya kelak.
 
Tidak ada yang diharapkan seorang istri shalihah selain mendapat kebahagiaan dalam rumah tangganya yang dinahkodai seorang pemimpin shalih. Bukan hanya satu kebahagiaan yang ia dapatkan yaitu di dunia, namun juga kebahagiaan yang tiada berakhir hingga ke surga. 
 
Tipe suami seperti apa yang dapat menyumbangkan kebahagiaan besar bagi istri baik di dunia maupun akhirat ?
 
Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :
"Dan bergaullah kalian (para suami) dengan mereka (para istri) dengan cara yang makruf. Kemudian bila kalian tidak menyukai mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak" (QS. An Nisa:19)
 
Suami yang baik ialah suami yang benar-benar mengamalkan ayat di atas. Juga meneladani insan terbaik, yakni Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.
 
Selain itu, lelaki shalih bergaul dengan cara yang ma'ruf (baik) terhadap istri, juga bersikap lembut penuh kasih dan sayang, bersabar atas perangai pasangannya yang tidak baik selama tidak dalam pelanggaran syariat, cenderung mengalah pada hal-hal yang bukan maksiat namun tetap tegas pada setiap kesalahan istri dengan tidak mengesampingkan hikmah, dan memaafkan kekurangan istri dalam menunaikan hak-hak suami.
 
Begitulah keindahan sikap seorang suami shalih, yang bergaul dengan penuh pemahaman dan pengertian terhadap sikap seorang wanita, suami yang memuliakan hak seorang istri, hingga mengukir kesan terindah dan kebahagiaan di hati seorang istri.
 
Hal itu tentunya tidak dilakukannya sekadar untuk kebahagiaan di dunia, namun hingga kelak di akhirat dimana setiap pemimpin akan Allah Subhanahu wa ta'ala mintakan pertanggung jawaban atas apa yang telah dipimpinnya. 
 
Untuk itu sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin rumah tangga, menjaga dirinya beserta keluarga dari siksaan api neraka, sebagaimana firman Allah Swt:
 
"Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu." (QS. At Tahrim: 6)
 
Banyak hal yang harus dilakukan seorang suami dalam menjaga keselamatan keluarganya di dunia dan di akhirat. Yakni berpegang teguh pada perintah Rabbnya, memberi perhatian penuh terhadap pendidikan agama Islam, memerintahkan dan membantu keluarganya dalam melakukan amalan ketaatan, serta menasihati dan mencegah mereka melakukan kemungkaran.
 

(Maria Firdaus) 

0 Komentar