Wahai Kaum Muslimin, Inilah Jalan Mendapatkan Kecintaan Allah

Minggu, 24 Januari 2016 - 04:04 WIB | Dilihat : 3664
Wahai Kaum Muslimin, Inilah Jalan Mendapatkan Kecintaan Allah Ilustrasi: Mendamba Kecintaan Allah
SI Online - Dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Rasulullah Saw bersabda : “Sesungguhnya jika Allah Tabaraka wa ta’ala mencintai seorang hamba, maka Jibril pun berseru ; ‘Sesungguhnya Allah telah mencintai si fulan, maka cintailah dia.’ Kemudian jibril juga mencintainya, lalu jibril berseru ke langit : ‘Sesungguhnya Allah telah mencintai si fulan, maka cintailah dia.’ Maka semua yang ada di langit mencintainnya, serta diberikan tempat yang luas baginya untuk dicintai di bumi.” (Muttafaqqun Alaih)
 
Dalam kitab Fiqh Nisa, para ulama mengatakan, “Kecintaan Allah Ta’ala kepada hamba-Nya merupakan kehendak-Nya untuk memberikan kebaikan, petunjuk, kenikmatan, dan rahmat kepadanya. Sedangkan kecintaan Jibril dan para malaikat secara keseluruhan mencakup dua segi, salah satunya adalah permohonan ampunan dan doa untuknya. Dan yang kedua, bahwa kecintaan mereka terhadapnya seperti layaknya kecintaan yang ada diantara sekalian manusia, yaitu berupa kecenderungan hati kepadanya dan kerinduan mereka bertemu dengannya. Kecintaan mereka itu disebabkan oleh karena senantia taat ke pada Allah Swt.”
 
Hal senada  pun diungkapkan dalam buku tersebut, menurut Imam An-Nawawi, “Diantara wujud kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya berupa ketaatan pada perintah-perintah-Nya, menjauhi larangan keduanya, serta mengindahkan adab yang ditetapkan syari’at Islam.”
 
Jalan untuk Menggapai Cinta Allah
 
Memang bukan perkara yang mudah untuk kita bisa menggapai cinta dari Allah Swt. Dibutuhkan perjuangan, pengorbanan serta kesungguhan untuk dapat meraih cinta-Nya. Namun ada banyak peluang bagi setiap Muslim yang ingin bersungguh-sungguh mengejar cinta dari-Nya, diantaranya dengan membaca, memahami dan mengamalkan isi Alqur’an. Hal ini akan melahirkan rasa cinta, syukur dan kerinduan kepada-Nya. 
 
Cara lain agar kita dapat meraih cinta Allah Swt  yaitu dengan melaksanakan amalan-amalan fardhu dan sunah yang Allah perintahkan. Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah SAW “Sesungguhnya Allah SWT telah berfirman , “. . . Hambaku senantiasa (bertaqorub) mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu (perbuatan) yang Aku sukai seperti bila ia melakukan yang fardhu yang aku perintahkan kepadanya. Hambaku senantiasa (bertaqorub) mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunah hingga Aku mencintainya . . .” (HR.Bukhari)
 
Selain itu untuk menggapai cinta dari-Nya  adalah dengan memperbanyak dzikir kepada-Nya, baik secara lisan atau dalam setiap perbuatan kita. Allah Swt berfirman, “Karena itu ingatlah kepada-Ku nscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”. (QS Al-Baqarah : 152)
 
Sungguh beruntung bagi seorang muslim yang mencintai Rabbnya, dengan senantiasa mengingat, merindukan dan mendambakan perjumpaan dengan-Nya.  Rasulullah Saw bersabda,
 
“Barangsiapa yang mendambakan bertemu dengan Allah, Allah pun mendambakan bertemu dengannya. Dan barang siapa membenci bertemu dengan Allah, Allah pun akan merasa benci bertemu dengannya.” (HR.Ahmad, Muslim, Tirmidzi, Ad-Darimi, dan Nasa’i)
 
Dalam riwayat lain disebutkan, Dari Abu Musa dia bercerita, pernah dikatakan kebada Nabi Saw, “Ada seseorang yang mencintai suatu kaum.” Dan ketika bertemu dengan mereka, beliau bersabda: “Seseorang itu bersama orang yang paling dicintainya.” (Muttafaqun Alaih)
 
Sudah menjadi dambaan setiap Muslim untuk dapat meraih cinta dari Allah Swt. Sebab, apabila kita mampu meraih cinta-Nya, maka kebahagian dan ketenangan hidup di dunia dan akhirat pun akan kita peroleh.  
 
(Yunita Nurwidiya)

 

0 Komentar