Dataran Tinggi Dieng, Memikat Wisatawan Hingga Enggan Pulang

Minggu, 17 Januari 2016 - 15:43 WIB | Dilihat : 2981
Dataran Tinggi Dieng, Memikat Wisatawan Hingga Enggan Pulang Dataran Tinggi Dieng

SI Online - Banyak yang patut kita syukuri dari negeri kaya bernama Indonesia. Tak terkecuali keindahan alam yang tersebar di berbagai wilayah yang layak kita banggakan. Salah satu dari ribuan pesona alam Indonesia yang paling memikat  ialah Wisata Dieng  yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. 

Terletak 30 km dari pusat kota Wonosobo, serta berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, tempat wisata Dieng dikenal sebagai sebuah wilayah yang begitu indah dengan karakteristik suasana kesejukan alam dan keindahan panorama yang tiada duanya.
 
Dataran tinggi Dieng terhampar di ketinggian 2.093 mdpl, membuatnya memiliki udara yang begitu sejuk dengan selimut kabut tebal yang menutupinya. Suhu rata-rata di tempat ini relatif dingin, antara 15 – 20 celcius. Bahkan bisa mencapai 8 derajat pada malam hari di musim-musim tertentu. Meski begitu, ternyata hal tersebut tidak menghalangi antusias wisatawan yang statistik jumlah kunjungannya semakin hari kian meningkat.
 
Ragam Objek Wisata di Dieng
 
Lebih dari 15 objek wisata Dieng tersebar di wilayah dataran tinggi Dieng, diantaranya Gunung Prau Dieng, Pangonan Dieng, Telaga Dringo, Candi Arjuna, Kawah Candradimuka, Telaga Merdada, Batu Ratapan Angin, Kawah Sikidang, Gardu Pandang Tieng, Sumur Jalatunda, Telaga Menjer, Telaga Warna dan Pengilon, Kawah Sileri, Gunung Pakuwaja, dan Bukit Sikunir Dieng.
 
Kelima belas destinasi wisata dieng tersebut memiliki keindahan khas masing-masing untuk dikunjungi. Namun, diantara belasan tujuan wisata tersebut, ada tiga diantaranya yang paling poluler dikunjungi oleh wisatawan. Yakni Bukit Sikunir Dieng, Gunung Prau Dieng, dan Telaga Warna Dieng.
 
Bukit Sikunir Dieng
 
Di bukit inilah keindahan sunrise (matahari terbit) paling memikat dapat kita temui di kawasan wisata Dieng. Bukit Sikunir berada pada ketinggian sekitar 2.200 mdpl, terletak di arah selatan kawasan Dieng, secara administratif berada di Desa Sembungan, sebuah desa yang berada di permukaan tertinggi di seluruh Pulau Jawa.
 
 
Pesona warna oranye dari matahari yang terbit di kawasan ini begitu indah terlihat. Warna oranye tersebut seperti warna kunyit sehingga membuat masyarakat lokal memberi nama bukit tersebut dengan sikunir, berasal dari bahasa Jawa yaitu kunir, yang artinya kunyit.
 
Gunung Prau Dieng
 
Menikmati sensasi di Puncak Prau, mata kita akan dimanjakan pesona lanskap alam yang luar biasa indahnya. Sejauh mata memandang, tampak  betapa luasnya dunia yang seketika membuat kita menyadari betapa kecilnya kita di hadapan Allah Sang Pencipta alam raya.
 
 
Keindahan alam pegunungan yang hijau, langit yang bersih berhias awan-awan menggantung di atas pemandangan pedesaan yang tampak kecil dan jauh dibawahnya, menjadikan Gunung Prau Dieng menjadi destinasi yang tak layak untuk kita lewatkan.
 
Setidaknya, ada dua hal yamg menjadikan Gunung Prau ini menjadi istimewa, yakni adanya Bukit Teletubbies dan Taman Bunga Daisy.
 
Dijuluki bukit Teletubbies karena bentuk bukit ini menyerupai sebuah acara televisi berjudul Teletubbies, warna hijau segar pada bukit-bukit yang timbul tenggelam membuat siapa saja yang memandang berasa ingin berlarian berguling-guling di atasnya.
 
 
 
Sementara di Taman Bunga Daisy, permadani hijau dihiasi manik-manik bunga Daisy akan memanjakan arah pandang  jika kita mendaki Gunung Prau pada musim kemarau, dimana musim bunga Daisy yang banyak tumbuh di Gunung Prau mulai bermekaran.
 
 
Telaga Warna Dieng
 
Di kawasan wisata Dieng, terdapat sebuah telaga yang menyuguhkan fenomena alam yang begitu indah, yakni pergantian warna air dari telaga tersebut. Inilah Telaga Warna Dieng, sebuah landmark memikat yang dapat kita temui di kabupaten Wonosobo. 
 
Kita dapat menyusuri tepian telaga ini, dimana terdapat balkon kecil sebagai tempat duduk bersantai menikmati keindahan alam yang ada di sana.
 
 
Jika ingin menyaksikan keindahan Telaga Warna Dieng secara utuh, kita dapat mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga tersebut. Di ketinggian itu, kita akan menjumpai keindahan telaga dengan warna-warni yang begitu menawan hati, dengan gradasi warna yang memikat.
 
Air di telaga ini terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Hal ini  terjadi karena di dalam air tersebut terdapat kandungan sulfur cukup tinggi sehingga ketika sinar matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna-warni.
 
Menuju Dieng
 
Rute menuju Dieng pun relatif mudah. Bagi yang gemar melakukan perjalanan ala backpacker, kita bisa memilih transportasi darat berupa bus dengan tujuan Wonosobo.
 
Sesampai di Wonosobo, turun di terminal Mendolo. Dari Mendolo naik angkot warna kuning ke Kota Wonosobo. Dari kota Wonosobo naik microbus jurusan Dieng.
 
Mudah bukan? Ya, jangan lupa masukkan Dataran Tinggi Dieng dalam daftar tujuan wisata liburan nanti. Panorama alam Dieng dengan kesejukan udara dan keindahannya yang tiada tara, akan membuat kita tak ingin lekas kembali jika sudah menginjakkan kaki di sana.
 
(Haifa HR)
0 Komentar