Canopy Trail Ciwalen, Sensasi Melayang di Atas Hutan Tropis Cibodas

Kamis, 14 Januari 2016 - 22:50 WIB | Dilihat : 3551
Canopy Trail Ciwalen, Sensasi Melayang di Atas Hutan Tropis Cibodas Sensasi di Ketinggian Canopy Trail. foto: yunita
SI Online – Sejak resmi dibuka untuk umum pada tahun 2014, “Canopy Trail Ciwalen”  memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang pernah berkunjung kesana. Destinasi wisata alam yang menakjubkan ini berlokasi di  wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango  (TNGGP ), tepatnya di Resort PTN Mandalawangi pintu masuk pendakian Cibodas. 
 
Di Balik Cerita Canopy Trail Ciwalen
 
Canopy Trail merupakan jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 meter dengan “tiang penyangga” berupa  4 buah pohon Rasamala (Altingia ecelsa) yang telah berusia ratusan tahun. Tinggi Canopy Trail berkisar 45 meter, dengan diameter  1,2 meter. Pijakan jembatan yang terbuat dari baja membuat  wisatawan lebih merasa aman dan nyaman saat berada di atasnya. 
 
Pada mulanya, tujuan dibangunnya  Canopy Trail ini bukan sebagai objek wisata yang dibuka untuk umum, melainkan sebagai fasilitas atau media bagi para Mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang berbagai jenis spesies tumbuhan maupun hewan yang ada di hutan lindung ini. 
 
“Awalnya Canopy Trail ini dibangun untuk kepentingan penelitian saja. Digunakan oleh para Mahasiswa, dan para peneliti baik asing maupun domestik, pada saat melakukan pengamatan dan pengambilan gambar terhadap hewan atau tumbuhan yang ada di hutan ini. Misalnya ketika ingin meneliti burung langka yang selalu berada di atas pohon, agar lebih memudahkan pengamatan atau pengintaian dapat dilakukan dari atas Canopy Trail ini,” ujar Hery, salah satu guide  yang telah bekerja selama 5 tahun disini. 
 
Disamping itu, manfaat lain dibangunnya jembatan gantung ini untuk mempersingkat rute para peneliti meyusuri hutan yang berada di lokasi tersebut hingga sampai ke curug ciwalen. Sebelum dibangun Canopy Trail, peneliti harus memutar menyusuri jalan hutan yang dapat kita lihat jika kita sedang memandang ke bawah dari atas Canopy Trail ini.
 
Wisata Alam Canopy Trail Ciwalen
 
Selain masih digunakan sebagai tempat penelitian,  saat ini Canopy Trail Ciwalen juga dibuka untuk umum dan dimanfaatkan sebagai objek wisata alam yang terdapat di Cibodas. Hal ini mengingat betapa potensi alam yang terdapat di dalamnya sangat natural dan banyak pengetahuan yang dapat kita explore lebih mendalam dari guide atau pemandu dari petugas TNGGP. 
 
Tiket masuk perorangan wisata alam ini adalah sebesar RP.37.000,- ditambah biaya guide sebesar  Rp.50.000,- untuk setiap rombongan. Satu rombongan maksimal terdiri dari 5 orang. Biaya ini sudah termasuk tiket terusan jika anda ingin mengunjungi wisata alam Curug Cibereum yang berada satu wilayah dengan Canopy Trail.
 
 
Yang menjadi daya tarik utama lainnya dari Canopy Trail ini adalah adalah sensasi tersendiri ketika melintas di atas jembatan gantung yang berketinggian lebih dari 40 meter. Terasa ayunan perlahan, bahkan guncangan bisa terasa kencang jika terdapat beberapa orang yang melewatinya.  
 
Apabilai anda yang memiliki phobia terhadap ketinggan, hal ini akan menjadi sensasi yang cukup menegangkan. 
Namun jangan khawatir, selama melintas di atas jembatan, mata anda akan dimanjakan dengan hutan tropis di kanan dan kirinya, yang mayoritas dipenuhi oleh pepohonan besar yang langka. Di sela-sela perjalanan anda dapat mengabadikan setiap momen dan view yang indah dengan kamera atau video pribadi anda. 
 
Serasa tidak ingin kalah, suara kicauan burung, gemericik air menjadi teman perjalanan anda selama menyusuri hutan tersebut. Di samping itu tak kalah penting, kita juga mendapatkan ilmu yang berharga mengenai informasi wisata kawasan yaitu dari penjelasan mengenai kondisi alam, spesies satwa dan tumbuhan yang diberikan oleh pemandu. Setelah melintasi Canopy Trail dan hutan, perjalanan kita akan berakhir di air terjun Ciwalen. 
 
  
Akses Menuju Lokasi
 
Untuk menuju ke objek wisata Canopy Trail Cibodas cukup mudah. Apabila anda menggunakan mobil pribadi melalui tol, anda keluar tol Ciawi menuju ke arah puncak sampai ke pasar Cibodas. Namun jika anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan bus patas AC/ non AC dengan rute Kp.Rambutan – Tasikmalaya, atau Kp.Rambutan – Cianjur. Anda bisa turun di pertigaan pasar Cibodas, dengan tarif bus sekitar  Rp.25.000,-. Kemudian dari pertigaan tersebut anda menyambung dengan angkot menuju pasar Cibodas atau tempat parkir yaitu tepatnya di kawasan TNGGP dengan tarif angkot Rp.5.000,-.
 
(Yunita Nurwidiya)

 

0 Komentar