Ikuti Anjuran Rasulullah untuk Berkuda, Disini Tempatnya

Minggu, 10 Januari 2016 - 00:36 WIB | Dilihat : 3113
Ikuti Anjuran Rasulullah untuk Berkuda, Disini Tempatnya

SI Online - “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR. Bukhari & Muslim). Anjuran Rasulullah Saw di atas tentunya memiliki maksud yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Sebut saja berkuda. Aktivitas berkuda sangat baik untuk kesehatan. Seluruh anggota tubuh, dari kepala hingga kaki, baik fisik maupun mental akan mendapatkan manfaat dari berkuda. 

Bentuk lekuk badan belakang kuda –punggung kuda yang ditunggangi – sangat baik untuk merawat segala persoalan tulang manusia. Selama kuda bergerak, yakni ketika kuda melompat dan berlari, hal tersebut akan menjadikan tulang belakang manusia bergeser satu sama lain. Hal tersebut dapat memberikan manfaat diantaranya merangsang saraf-saraf tulang belakang.
 
 
Seluruh anggota badan, seperti tulang rangka, otot, dan sistem saraf akan terangsang secara optimal untuk menjadi semakin sehat. Para penunggang kuda terbukti terbebas dari mengalami sakit tulang belakang. Selain itu, menunggang kuda dapat mencerahkan mata, sebab terdapat rangsangan terhadap saraf kornea saat kuda yang ditungangi melompat dan berlari.
 
Dimana Kita Bisa Berkuda?
 
Pertanyaan yang lazim bagi sebagian orang. Mengingat tak banyak destinasi wisata kuda yang juga menyediakan fasilitas berlatih berkuda secara profesional bagi para pengunjung. Kebanyakan, kita hanya bisa menaiki kuda untuk berkeliling area wisata dengan ditemani sang ‘pawang’ kuda.
 
Tapi tempat yang satu ini agak berbeda. Ya, sesekali berkunjunglah ke De’ Ranch. Tempat yang memberikan nuansa baru dalam wisata alam dengan menampilkan nuansa peternakan kuda.
 
Di tempat wisata yang terletak di kawasan Maribaya, Lembang ini, selain menunggang kuda untuk berkeliling pedesaan di Lembang dengan didampingi petugas profesional, kita juga bisa berlatih berkuda untuk menjadi profesional layaknya mujahid di medan perang di masa Rasulullah Saw.
 
 
Pelajaran berkuda ini dimulai dari pengenalan peralatan menunggang, keselamatan menunggang, serta pengenalan sifat dan kebiasaan kuda. Untuk berlatih menunggang kuda ini terdapat jadual khusus, yakni tiap Sabtu dan Ahad, dimulai pukul 09.00 hingga sesi terakhir pukul 16.00.
 
Adapun biaya pelatihannya adalah sebesar Rp. 200.000,- per-jam atau Rp. 125.000,- per- 30 menit per orang, sudah termasuk pelatih / instruktur yang profesional di bidangnya.
 
Untuk pelatihan menunggang kuda ini tidak diperlukan keanggotaan khusus. Hanya saja, kita perlu melakukan reservasi dengan menghubungi De’ Ranch sehari sebelumnya. Sementara, syarat yang harus diperhatikan bagi yang ingin mengikuti pelatihan ialah usia minimal 7 tahun, sehat fisik dan mental, serta berat badan maksimum 80 kg.
 
Yuk, tunggu apa lagi. Segera kuasai teknik berkuda. Dan jangan lupa, selain berkuda, bagi yang belum juga harus menguasai teknik berenang dan memanah.
 
(Haifa HR)
 
0 Komentar