Taman Nasional Baluran, Padang Savana Afrika di Pulau Jawa

Kamis, 07 Januari 2016 - 16:37 WIB | Dilihat : 3355
Taman Nasional Baluran, Padang Savana Afrika di Pulau Jawa Taman Nasional Baluran

SI Online - Jika anda merasa jenuh dengan destinasi wisata yang sudah biasa dan ingin lebih dekat dengan alam? Barangkali sudah saatnya anda merasakan sensasi yang berbeda layaknya bertualang di padang savanna, Afrika. Tempat dimana anda juga dapat  berinteraksi secara langsung dengan kawanan hewan liar di alam bebas.  

Untuk dapat menikmati liburan seru seperti itu, anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berangkat ke benua lain di Afrika sana. Anda cukup pergi ke Situbondo dan berkunjung ke Taman Nasional Baluran Situbondo.
 
Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyu Putih, Situbondo, Desa Wongsorejo, tepatnya di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi,  Jawa Timur. Nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Taman ini adalah perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa dengan tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan hijau. 40 persen vegetasi savana mendominasi Taman Nasional ini.
 
Taman yang memiliki luas kurang lebih 25000 hektar ini memiliki daya tarik yang berbeda untuk dinikmati, yaitu savanna, pegunungan, dan pantai. Bahkan savana Baluran seluas 10.000 hektar tersebut saat ini menjadi savana terluas di Pulau Jawa, dengan beragam satwa dan tumbuhan yang hidup di dalamnya. 
 
 
Berkunjung ke lokasi ini membuat Anda seolah berada di benua Afrika, karena Anda akan disuguhi pemandangan kawanan rusa yang berlarian menuju genangan air untuk minum, burung merak yang melebarkan ekornya yang indah, gerombolan kerbau dan gajah, burung elang yang terbang untuk mencari makan, hingga kawanan monyet yang bergelantungan di pohon. Pemandangan seperti itulah yang ada di padang savana Afrika. Itulah mengapa, Taman Nasional Baluran sering dijuluki sebagai Afrikanya Indonesia.
 
Di Taman ini terdapat  444 spesies tumbuhan asli yang khas seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), dan mimba (Azadirachta indica). Tumbuhan tersebut adalah spesies tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi sangat kering. Saat tumbuhan lain sudah mulai kering, spesies ini masih tetap hijau. Selain itu juga terdapat 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Mamalia yang hidup di Taman Nasional Baluran ini seperti banteng, kijang, macan tutul, kancil, dan kucing bakau. Ada juga beberapa burung langka seperti seperti layang-layang api, tuwuk / tuwur Asia, ayam hutan merah, kangkareng, rangkong, dan bangau tong-tong.
 
 
Akses Menuju Taman Nasional Baluran
 
Bagi Anda yang berada di luar provinsi Jawa Timur, harus terlebih dahulu datang ke Surabaya. Jika anda ingin menghemat biaya dan memiliki jiwa petualang, anda bisa pergi ala backpacker, dengan menggunakan transportasi kereta api kelas ekonomi menuju Surabaya. Setelah sampai di Surabaya, perjalanan dilanjutkan menggunakan bus ke Situbondo. Waktu tempuh yang diperlukan untuk bisa sampai ke Taman Nasional ini kurang lebih 6 jam perjalanan. 
 
Sedangkan bagi Anda yang berada di wilayah Surabaya, anda dapat mengambil rute dari Situbondo – Batangan dengan dengan jarak kurnag lebih 60 km. 
 
Dengan harga tiket yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp.17.500,-, anda dapat menikmati wisata alam yang eksotis  dengan sajian padang  savanna, gunung dan pantai sekaligus. Untuk menikmati keindahan alam yang ada di Taman ini anda bisa menyewa motor dengan harga Rp.100.000,-/hari.
 
Fasilitas Umum
 
Taman Nasional Baluran juga dilengkapi dengan kantin, mushola dan penginapan. Harga penginapan atau homestay di sekitar Taman Nasional Baluran cukup terjangkau, berkisar antara Rp.55.000,- – Rp.75.000,-/ orang. Sedangkan untuk kantin, hanya buka pada saat weekend atau hari libur saja. Jadi bagi anda yang ingin berwisata ke Taman ini diluar hari libur, pastikan anda membawa perbekalan yang cukup.
 
Spot Menarik Lainnya di Taman Nasional Baluran
 
Bekol Savanah
 
 
Bekol dan Semiang adalah pos untuk melakukan pengamatan satwa di Taman Nasional Baluran seperti ayam hutan, merak, rusa, banteng, kerbau liar, dan burung, dimana terdapat menara pandang untuk mengawasi kawanan hewan-hewan.
 
Pantai Bama
 
 
Bama adalah salah satu pantai yang berada di wilayah Taman Nasional baluran. Disini anda dapat melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan, diantaranya menyewa perahu untuk berkeliling lokasi Taman Nasional, memancing dan snorkelling sambil menikmati keragaman biota laut. Karena kejernihan airnya, sesekali anda dapat melihat ikan yang berenang di pinggir pantai. Untuk menjaga pantai dari kerusakan alam, di pantai Bama juga terdapat hutan Mangrove yang mampu memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke sana.
 
(Yunita Nurwidiya)
 
0 Komentar