Anak Sudah 7 Tahun, Ini Cara Jitu Ajak Ia Salat

Rabu, 06 Januari 2016 - 03:59 WIB | Dilihat : 3295
Anak Sudah 7 Tahun, Ini Cara Jitu Ajak Ia Salat Ilustrasi: Anak Belajar Salat

SI Online - Mengajarkan kebaikan kepada buah hati sudah tentu merupakan kewajiban setiap orang tua, tak terkecuali mendidik anak untuk menjalankan salat dalam rangka beribadah kepada Allah. Namun tidak dapat dipungkiri, dalam mengajarkan salat tersebut pasti banyak kendala yang dihadapi. Untuk itu dibutuhkan kesabaran ektra dan keikhlasan penuh serta memperbanyak ilmu dalam mengajarkan salat kepada anak.

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam memerintahkan setiap orang tua untuk menyuruh anak-anak mereka salat 5 waktu ketika telah sampai usia 7 tahun. Sebagaimana sabda beliau :
 
"Perintahkanlah anak-anakmu untuk shalat ketika berusia 7 tahun, dan pukullah mereka jika meninggalkannya ketika berusia 10 tahun." (HR.Abu Dawud)
 
Daya pikir anak mulai berkembang ketika berusia 5-7 tahun, sehingga mereka akan mudah mengerti ketika diajarkan ibadah-ibadah seperti salat, puasa atau ibadah-ibadah lainnya. 
 
Untuk memotivasi anak-anak belajar salat pada usia 5-7 tahun, orang tua bisa membelikan perlengkapan salat untuk anak. Selain itu, beberapa hal di bawah ini tidak kalah penting dilakukan orang tua dalam rangka mengajarkan serta mengajak anak menjalankan ibadah salat:
 
Mengajak anak berdiskusi tentang kewajiban-kewajiban ibadah
 
Mungkin anak-anak usia 5-7 tahun akan sulit jika dinasihati, akan tetapi jika mereka diajak berdiskusi, berdialog mengenai kewajiban ibadah salat, keutamaan dari orang-orang yang mengerjakan salat, serta hikmah dari salat, dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna, insya Allah, mereka akan memahaminya.
 
Memberi teladan yang baik
 
Pada usia 5-7 tahun anak-anak sudah bisa diajak salat berjamaah baik di masjid maupun di rumah. Disinilah peran penting orang tua sebagai teladan akan terlihat. Namun sebelum melaksanakan salat berjamaah, terutama di masjid, perlu disampaikan terlebih dahulu aturan-aturan yang boleh dan yang dilarang ketika berada di masjid. Misalnya tidak berisik atau berteriak di dalam masjid, tidak bercanda, mengikuti gerakan imam, tidak berlari-larian ketika orang-orang sedang salat dan jangan lupa berikan alasan kenapa hal itu dilarang atau diperintahkan ketika salat berjamaah di masjid.
 
Memberi pujian dan hadiah
 
Untuk lebih memotivasi anak-anak dalam mengerjakan ibadah salat, ada baiknya setelah mereka mengerjakannya berikanlah pujian atau ucapan terima kasih kepada anak. Dan jika gerakan salat mereka semakin baik atau mereka semakin rajin mengerjakan salat tanpa diperintah, berikanlah hadiah yang bermanfaat, seperti pensil warna, buku-buku bacaan, buku menggambar atau barang-barang yang mereka inginkan ketika itu.
 
Jangan timbul amarah saat ajak anak untuk salat
 
Ketika memasuki usia 7-10, orang tua berkewajiban mengingatkan anak-anak untuk salat 5 waktu. Orang tua juga harus bersikap tegas jika anak-anak mulai lupa mengerjakannya. Namun perlu orang tua ingat jangan sampai timbul amarah ketika memerintahkan mereka salat, sampaikan ucapan yang baik saat memerintahkan mereka untuk salat, seperti contoh : "Ummi akan bangga jika ananda mengerjakan salat 5 waktu. Dan Allah juga akan memberikan hadiah berupa pahala bagi mereka yang mengerjakannya."
 
Kenalkan pada anak tentang dosa dan pahala
 
Pada usia 7- 10 tahun biasanya anak-anak ada yang telah memasuki usia baligh. Maka pada usia inilah pembebanan untuk ibadah-ibadah wajib mulai diterapkan. Sampaikan kepada mereka tentang pahala yang akan didapat jika mengerjakannya dan dosa yang didapat jika meninggalkannya. Semoga dengan demikian anak-anak akan memahami tentang kewajiban mereka terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala
 
(Maria Firdaus)

 

0 Komentar