Saat Mencoba Menjadi Penghafal Alquran

Minggu, 13 Desember 2015 - 14:56 WIB | Dilihat : 2335
Saat Mencoba Menjadi Penghafal Alquran Ilustrasi
 
Menghafal Alquran  merupakan suatu keutamaan. Menghafal Alquran merupakan perbuatan yang mulia. Rasulullah bersabda, “Perumpamaan orang yang membaca Alquran dan menghafalkannya sama seperti perjalanan yang mulia, dan perumpamaan membaca Alquran serta dia mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, maka baginya dua pahala; kecuali dengan dia mengamalkannya.”
 
Banyak diantara kita yang ingin menghafal Alquran. Namun terkadang sampai saat ini hal itu belum terwujud. Bahkan hal itu hanya menjadi angan-angan belaka. Padahal sungguh beruntung jika kita bersungguh-sungguh menjadi penghafal Alquran.
 
Oleh karena itu agar dapat menjadi penghafal Alquran , hal pertama yang paling kita butuhkan adalah niat yang ikhlas dan sungguh-sungguh. Seseorang yang benar-benar ingin menjadi penghafal Alquran, hendaklah memiliki niat yang ikhlas dan tidak mengharapkan pujian maupun penghargaan dengan menghafal Alquran. Dia akan berusaha sungguh-sungguh dalam menghafal Alquran, walau menjumpai banyak rintangan dan penghalang. 
 
Untuk menjadi penghafal Alquran  juga dibutuhkan kemauan yang kuat. Menghafal Alquran tentu berbeda dengan menghafal bacaan lainnya terlebih kita tidak menggunakan bahasa arab dalam keseharian. Oleh karena itu diperlukan kemauan yang kuat serta kesabaran dalam menghafal Alquran.
 
Kedisiplinan sangat dibutuhkan dalam menghafal Alquran. Serta dalam menghafal Alquran hendaklah berguru kepada hafizh Alquran, hal ini supaya tidak terjadi kesalahan saat menghafal Alquran. 
 
Penghafal Alquran hendaklah memiliki akhlak terpuji. Perbuatan dan tingkah lakunya tercermin berdasarkan ajaran agama Islam. Berakhlak terpuji dan menjauhi sifat tercela merupakan cerminan dan pengamalan dari Alquran.
 
Penghalang dalam menghafal Alquran yang terbesar adalah kemalasan, tidak ada kemauan, hilang akal, dan mati hati. Oleh karena itu kita harus bisa melawan sifat tersebut. 
 
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membuat kita mudah menghafal Alquran :
 
1. Memahami makna ayat- ayat yang akan kita hafalkan akan memudahkan kita menghafalkannya. Dengan memahami makna ayat tersebut, maka kita akan lebih mudah mengetahui keterkaitan antara ayat yang satu dengan yang lainnya, sehingga memudahkan kita mengingatnya.
 
2. Mengulang-ulang bacaan sebelum menghaplkannya akan memudahkan kita menghafal Alquran. Semakin sering kita mengulang membacanya semakin mudah kita menghafalkannya. 
 
3. Rajin mendengarkan bacaan Alquran dari orang yang lebih ahli. Selain mempermudah menghafal Alquran juga untuk memastikan apakah bacaan kita sudah benar. Saat sekarang kita dapat dengan mudah mendengarkan bacaan Alquran  baik dari kaset maupun dari bacaan Alquran dalam bentuk audio yang dapat kita temukan di dalam gadged. Sehingga kita tidak menggunkan gadged untuk hiburan belaka, namun juga membantu kita menghafal Alquran. Selain itu penghafal Alquran  juga disarankan sering mengikuti sholat jamaah, sehingga kita dapat mendengarkan bacaan Alquran  dari para imam. Terutama dengan imam yang suka bacaan ayat panjang.
 
4. Menuliskan ayat- ayat yang dihafalkan dapat membantu kita menghafalkan Alquran. Sebuah syair mengatakan:
 
   Ilmu itu bagaikan binatang buruan
   dan tulisan adalah tali ikatanya
   Ikatlah binatang- binatang buruanmu dengan tali-tali yang kuat
   adalah perbuatan yang dungu, jika engkau berburu rusa
   kemudian engkau lepaskan di antara bianatang-binatang buruan
   yang lain secara bebas
 
5. Memperhatikan, menelaah, dan mempelajari ayat- ayat yang serupa sehingga kita akan lebih mudah menghafalkannya.
 
Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran. Aamiin
 
Emalia Nora
Sumber: 9 Cara Praktis Menghafal Alquran  oleh H. Sa'dulloh, S.Q.
Blog penulis: Cahayaemalia.blogspot.com
 
0 Komentar