Cahaya Alquran, Rubrik Baru SI Online

Jumat, 14 Agustus 2015 - 22:05 WIB | Dilihat : 1592
Cahaya Alquran, Rubrik Baru SI Online
Jakarta (SI Online) - Situs Suara Islam Online (www.suara-islam.com) mulai hari ini Jum’at 29 Syawwal 1436 H yang bertepatan dengan tanggal 14 Agustus 2015 membuka rubrik  baru yang diberi nama “Cahaya Al Qur’an”.  
 
Kenapa dipilih nama rubrik cahaya Al Qur’an?
 
“Ya, karena cahaya Al Qur’an sangat kita perlukan untuk menerangi hati dan pikiran kita. Saya terinspirasi oleh doa yang biasa kita ucapkan setiap kali kita selesai membaca atau tilawah Al Qur’an, yakni kita minta kepada Allah SWT agar Dia SWT menjadikan Al Qur’an sebagai nur atau cahaya buat diri kita” jelas KH. Muhammad al Khaththath yang akan mengasuh rubrik tersebut untuk pembaca sekalian.   
 
Doa mendapat cahaya Al Qur'an
 
Doa yang dimaksud Ustadz Al Khaththath memang yang sudah biasa kita baca selengkapnya adalah sebagai berikut:
 
اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِاْلقُرْآنْ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ, أَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُمَا جَهلتُ وَارْزُقْنِي تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ.
 
Ya Allah kasihilah aku dengan membaca Al Qur'an, jadikanlah Al Qur'an bagiku sebagai panutan, cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah ingatkan-lah aku andaikan terlupa dari ayat-ayat Al Qur'an, ajarkan aku dari padanya yang aku belum tahu, karuniakanlah aku untuk bisa membaca Al Qur'an di tengah malam dan siang hari jadikanlah Al Qur'an bagiku sebagai pedoman Wahai Tuhan semesta alam.
 
Bapak-bapak apalagi Ibu-ibu jamaah pengajian di mana pun pasti hafal doa tersebut. Namun begitu ditanya artinya apa? Umumnya menjawab tidak tahu. Apalagi kedalaman maknanya. Ini masalah mendasar umat Islam. Padahal umat ini perlu faham apa makna yang dikandung dari ayat-ayat Al Qur’an.    
 
Oleh karena itu, dibuatnya rubrik Cahaya Al Qur’an (CQ) ini sangat relevan bagi keperluan umat hari ini untuk mendapatkan pencerahan dari Al Qur’an sebagai kitab suci yang merupakan petunjuk hidup bagi manusia (huda linnaas), apalagi mereka yang bertaqwa (hudallil muttaqin). 
 
Insyallah di rubric CQ ini akan dimuat berbagai tulisan seputar Al Quran atau ayat-ayatnya yang digali dari sumber-sumber Al Quran itu sendiri, tafsir-tafsir dari para mufassiriin, riwayat-riwayat  hadits  Rasulullah saw, maupun syarah-syarahnya, dan berbagai kitab Tsaqafah Islamiyyah yang menjadi sumber rujukan para ulama. Selamat menikmati.  (SI/MAK)
0 Komentar