altAmerika Serikat menduduki daftar penjual senjata terbesar di dunia, dengan Israel, Uni Emirat Arab dan India adalah pembeli sebagian besar senjata AS, termasuk jet tempur, kata sebuah think tank."/> AS Penjual Senjata Terbesar di Dunia

AS Penjual Senjata Terbesar di Dunia



Menurut sebuah laporan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), AS menjual 341 pesawat tempur antara 2005 dan 2009, naik dari 286 jet dijual selama periode lima tahun sebelumnya, sedangkan Rusia menjual 219 pesawat diikuti oleh Perancis, Cina dan Swedia, kantor berita AFP melaporkan pada hari Rabu (10/11/2010).

Sementara itu, pembeli terbesar jet tempur adalah Israel, Uni Emirat Arab dan India, mereka secara kolektif membeli hampir sepertiga dari semua pembelian senjata global.

The independent Swedish institute juga memperingatkan bahwa penjualan jet tempur lebih lanjut dapat menggoyahkan rasa kedamaian pada bagian dunia lain.

"Sementara pesawat tempur sering dijadikan sebagai salah satu senjata yang paling penting yang dibutuhkan untuk pertahanan, pesawat ini dapat memberi pesan ataupun peringatan bagi negara-negara tetangga dikawasan," kata Siemon Wezeman, seorang rekan senior di SIPRI Arms Transfer Program.

Penelitian ini menunjuk pada serangan udara Israel terhadap Suriah pada bulan September 2007. Hal ini juga bisa dilihat sebagai contoh utama dari ancaman yangb sewaktu-waktu dapat mengancam perdamaian dan stabilitas di seluruh dunia.

SIPRI juga menyoroti kontrak yang menguntungkan dalam jumlah uang tunai yang menakjubkan yang ditransaksikan untuk menjual dan membeli pesawat tempur, ia mengatakan "biaya pesawat lebih dari 40 juta dolar (29 juta euro) masing-masing dan sering jauh lebih besar dari itu."

Menurut laporan, lebih dari 50 negara - Israel (82), Jordan (36), China (45) dan Yaman (37) - membeli total 995 pesawat bekas baru dan tempur antara 2005 dan 2009. (presstv/mj)

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama

Email


security image
Kode
Komentar