Kuliah Sambil Nyantri di PPM Miftahul Khoir Bandung

Selasa, 25 November 2014 - 22:05 WIB | Dilihat : 6681
 Kuliah Sambil Nyantri di PPM Miftahul Khoir Bandung  Ponpes Mahasiswa Miftakhul Khoir

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung Menerima Pendaftaran Santri Baru

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki konsep pembekalan ruhiyah sekaligus tempat pemondokan bagi mahasiswa Muslim.

Pesantren ini merupakan pesantren mahasiswa di Kota Bandung dan di dalamnya terdapat para mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Bandung seperti Polman, ITB, ITENAS, UIN Bandung, ST LIKMI, UPI, Politeknik LP3I, Unpad, UPI, Unikom, STIE Ekuitas, Unisba, dan Institut Manajemen Telkom.

Para santrinya sendiri cukup heterogen karena berasal dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan, Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir didirikan pada bulan Muharram 1406 H atau Oktober 1985 M oleh K.H. Ahmad Umar (alm), dibantu oleh K.H. AF Ghozali (alm), K.H. Ahmad Rifa’i, K.H. Hasan Amirudin.

Nama Miftahul Khoir diberikan oleh K.H. Choir Affandi, Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya.

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir berada di bawah naungan Yayasan Miftahul Khoir – Dago dan bertempat di atas lahan seluas 2064 m2 serta beralamat di jalan Tubagus Ismail VIII No. 60 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Waktu belajar di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir disesuaikan dengan kondisi santrinya (yang kebanyakan adalah mahasiswa) yaitu setelah maghrib sampai jam delapan malam dan ba’da subuh sampai jam enam pagi.

Para santri terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas I’daad, Ibtida’ dan Wustho. Materi ta’lim yang diajarkan meliputi kajian tentang aqidah, akhlaq, fiqih, ilmu tata bahasa Arab, ilmu Al-Qur’an, siroh, tasawuf dan praktik-praktik kehidupan Islami. PPM Miftahul Khoir berpegang teguh pada aqidah asy’ariyah dan fiqih syafi’iyah. Kitab-kitab yang diajarkan diantaranya Tijan Dharori, Safinatun Najah, Arba’in Nawawi, Diktat Aqidah Islamiyah (susunan K.H. Choer Affandi), Fathul Qorib, Jurumiyah, Imrithi, Kaylani, Mukhtarul Ahadits, Tafsir Ibnu Abbas, Ta’limul Muta’allim dll.

Informasi Pendaftaran

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir membuka kesempatan bagi mahasiswa/i dari berbagai universitas di

Bandung untuk dapat tinggal dan mengikuti proses pembelajaran di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir. Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi www.ppmmiftahulkhoir.com.

0 Komentar