Ketua Umum MES Optimis Pangsa Pasar Keuangan Syariah Capai 20 Persen

Minggu, 23 November 2014 - 15:03 WIB | Dilihat : 2154
Ketua Umum MES Optimis Pangsa Pasar Keuangan Syariah Capai 20 Persen Ketua Umum MES Muliaman D Haddad

Jakarta (SI Online) - Target pertumbuhan keuangan syariah sebesar 20 persen dari Bank Indonesia (BI) sampai 2024 mendapat dukungan dari Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Muliaman D Haddad. Muliaman mengatakan, untuk mencapai itu perlu sinergi seluruh pemangku kepentingan.

"Sinergi dengan Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Kemenag dan instansi yang lain, saya optimis angka lima persen bisa pecah. Merangkak naik makin lama makin besar. Bisa lebih cepat kalau kita melakukan banyak hal," ujar Muliaman di Jakarta, Sabtu (22/11).

Dia menambahkan, telah melakukan berbagai upaya. Seperti menciptakan center ekonomi syariah di daerah. "Kita pilih Jatim dengan basis pesantren. Kita jadikan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi syariah di daerah," ungkapnya.

Beberapa provinsi yang mulai diaktifkan antara lain, Sumatra Utara, Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan sebagainya.

"Saya optimis bisa bergerak ke arah lebih baik. Jatim bisa dicopy di daerah-daerah lain. Dibutuhkan orang seperti Pak Aris (Aries Mufti, red) yang jaringan BMT dan sektor riil-nya banyak," tambahnya.

Pengurus MES lainnya, Aries Mufti menambahkan, perkembangan ekonomi syariah selain bank pertumbuhannya sangat dahsyat. Salah satunya adalah Baitulmaal wat Tamwil (BMT). Hanya sayang, selama ini belum tercatat.

"Tahun depan BMT masuk OJK (Otoritas Jasa Keuangan), maka BMT akan tumbuh dengan cepat dan tercatat. 2016-2017 sudah masuk (catatan, red)," kata Aries.

Apalagi, kata Aries, mulai tahun depan pemerintah akan mengucurkan dana 1,4 milyar untuk setiap desa. Sementara jumlah desa mencapai 74 ribu. Sehingga ratusan trilyun uang akan beredar di desa.

red: shodiq ramadhan

0 Komentar