Mereka Hendak Memadamkan Cahaya Agama Allah

Senin, 22 Juli 2013 - 21:46 WIB | Dilihat : 30852
Mereka Hendak Memadamkan Cahaya Agama Allah

Allah Swt berfirman:

يُرِيدُونَ أَن يُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَيَأْبَى اللَّهُ إِلَّا أَن يُتِمَّ نُورَهُ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahayanya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai. (QS. At Taubah 32).

Al Ustadz Muhammad Ali As Shaabuniy dalam tafsirnya Shafwatut Tafaasiir Juz I/494 mengatakan bahwa mereka, yakni orang-orang kafir dari kalangan orang-orang musyrik dan ahli kitab, menginginkan untuk memadamkan cahaya Islam dan syari’at Nabi Muhammad saw. dengan mulut-mulut mereka yang hina. Dengan sekedar perdebatan yang mereka buat dan perkara-perkara yang mereka buat-buat. Padahal Islam adalah cahaya yang telah Allah SWT ciptakan untuk makhluk-Nya sebagai penerang. Perumpamaan mereka bagaikan orang yang ingin memadamkan cahaya bulan dan matahari dengan tiupan mulut mereka. Tentu tidak akan kesampaian.
 
Dan Allah tidak menghendaki selain meninggikan dan mengangkat peranannya. Sekalipun orang-orang kafir itu tidak menyukainya.  

Imam Al Qurthubi dalam Tafsir Al Jaami’ Liahkamil Quran Jilid IV/462 mengatakan bahwa yang dimaksud cahaya Allah yang hendak ditutup oleh mulut-mulut orang kafir itu dalam ayat di atas adalah berbagai bukti nyata serta argumentasi yang menunjukkan ketauhidan. Sedangkan Allah tidak menghendaki segala sesuatu kecuali hanya menyempurnakan agama-Nya saja!  Wallahua’lam!
 

0 Komentar