Kalimat yang Sangat Ditakuti Penduduk Neraka

04 Februari 10:05 | Dilihat : 2178
Kalimat yang Sangat Ditakuti Penduduk Neraka Ilustrasi

Jika kita ditanya, “apakah Anda takut dimasukkan ke neraka?” Kita pasti menjawab, “ya”. Seratus persen akan menjawab, “Aku takut masuk neraka, aku tidak sanggup masuk neraka.” Tapi seringnya, pengakuan itu hanya terucap pada lisan saja. Nyatanya kita mengaku takut akan masuk neraka, tetapi berani melakukan amalan-amalan yang menjerumuskan ke neraka. Seandainya Allah tampakkan neraka kepada kita, pasti kita tidak akan pernah tersenyum, tertawa, bahagia selama-lamanya. Karena betapa dahsyatnya siksa neraka. Neraka adalah seburuk-buruk tempat kembali di akhirat.

Didalam neraka ada satu kalimat yang begitu menakutkan dan paling ditakuti oleh para penghuninya. Allah Ta'ala berfirman:

فَذُوقُوا فَلَنْ نَّزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا

"Maka karena itu rasakanlah! Maka tidak ada yang akan Kami tambahkan kepadamu selain azab." (QS. An-Naba' 78: Ayat 30)

Kalimat tersebut menyatakan bahwa azab penduduk neraka akan terus bertambah. Dalam tafsir At-Thabari dijelaskan,

فهم في مزيد من العذاب أبدا

"Mereka mendapatkan tambahan adzab yang abadi"

Kematian adalah kepastian, kita akan kembali kepada Allah mempertanggung jawabkan semuanya. Masihkah kita tidak peduli dengan akhirat kita?
Jika lalai dan tidak peduli sama sekali, ketauhilah kita tidak sanggup menahan siksa api neraka.
Pernahkah melihat orang yang menyesal? Menyesal sejadi-jadinya. Menyesal setelah nyata sakratul maut, Menyesal setelah bertemu Mungkar & Nakir, menyesal karena harta dan jabatan yang ia cari mati-matian, ternyata tidak ikut di bawa mati.

Kita tidak akan sanggup menahan beratnya siksa api neraka karena pedihnya, penghuni neraka meminta kematian tapi dijawab dengan kekekalan di neraka, para penghuni neraka berkata sebagaimana, Allah Ta'ala, berfirman:

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ  ۖ  قَالَ إِنَّكُمْ مّٰكِثُونَ

"Dan mereka berseru, Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja. Dia menjawab, Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)." (QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 77)

Didalam AlQuran banyak sekali ayat ayat yang menceritakan tentang berbagai macam azab neraka, tapi seolah kita abaikan, kita baca hanya sekilas bacaan tanpa sedikitpun tersentak takut bahkan menangis pun tidak.

Kita tahu betapa dasyatnya siksa itu, tapi karena sudah bertumpuknya dosa dan maksiat, menyebabkan hati ini berkarat dan kotor menghitam, hingga tak mampu menangis bahkan menetespun tidak air mata ini. Air mata kita obral untuk sekedar urusan hina dunia, begitu mahal airmata untuk secuil akhirat...masyaAllah.

Maka mari kita selalu bersihkan kotoran kotoran dunia yang menempel di relung hati kita, seraya senantiasa berdoa sebagaimana firman Allah Ta'ala,

... رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ  ۖ  إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا

"...Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahanam dari kami, karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal," (QS. Al-Furqan 25: Ayat 65) 

Wallahu a'lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

0 Komentar