Waspada Banyak Berkhayal, Itu Jebakan Setan

15 November 07:56 | Dilihat : 359
Waspada Banyak Berkhayal, Itu Jebakan Setan Ilustrasi berkhayal

Angan-angan adalah proses berfikir yang dipengaruhi oleh harapan-harapan terhadap kenyataan yang logis, berangkat dari rasa ketidakpuasan dengan kondisi diri saat ini disertai keinginan untuk memperoleh sesuatu yang lebih. Bagi sebagian orang, berangan-angan bisa menjadi salah satu cara seseorang menghibur diri tatkala menyaksikan jauhnya asa untuk meraih apa yang dia cita-citakan, atau harapan yang sulit untuk diwujudkan namun tidak mustahil suatu saat nanti akan diraih. Tapi waspadalah jika terlalu berharap kepada itu semua akan terjebak secara halus perlahan kepada tipu daya setan.

Allah Ta'ala, berfirman:

يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْ  ۖ  وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطٰنُ إِلَّا غُرُورًا

"(Setan itu) memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 120)

Untuk mensukseskan misinya maka setan masuk kedalam hatinya lalu mulai membisikkan keburukan

Allah Ta'ala, berfirman:

الَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ النَّاسِ

"yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, (QS. An-Nas 114: Ayat 5)

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

"dari (golongan) jin dan manusia."(QS. An-Nas 114: Ayat 6)

Untuk membuat beragam berkhayal dan berfantasi untuk membangkitkan angan-angan kosong yang hakikatnya hanya tipuan/ilusi belaka itu mereka bercokol dari hati manusia.

Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda, Sesungguhnya setan itu bercokol di hati putra Adam. Apabila berzikir, setan itu mundur menjauh, dan bila ia lengah, setan berbisik (HR.Bukhari)

Hati hatilah dengan khayalan yang menipu, setan akan membangkitkan semua bentuk tipuan dan angan angan kosong, sehingga mereka terkena jeratan itu, lalai dari mengingat Allah, lalai membaca Quran, lalai menghafal Quran, lalai dan banyak kelalaian yang lain nya dalam ketaatan.

Begitu rajinnya membuat status status yang tidak membawa manfaat walau kelihatan seolah nasehat dan kebaikan. Setan jadikan Medsos salah satu bentuk kelalaian, wadah setan yang menjadi tempat melampiaskan angan angan yang indah namun nampak seolah kebaikan. Jerat jerat itu tampak nyata bagi orang orang yang sibuk dengan ketaatan kepada Allah, mereka sadar dan tau bahwa itu tipu daya, maka sungguh suatu kerugian waktu yang singkat dipakai untuk merenung berhayal yang tiada pernah habis dan hentinya.

Berzikir dan cepat ber istighfar lah ketika terjadi kondisi itu, sebagaimana Allah Ta'ala, berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طٰٓئِفٌ مِّنَ الشَّيْطٰنِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُمْ مُّبْصِرُونَ

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya)." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 201)

Walllahu a'lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

0 Komentar